Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

(SOLVED) Koneksi realtime mesin finger dengan server via CI Mysql

Siang mas,
Di kantor sy untuk absensi masih pakai barcode. Untuk ini saya uda bikin aplikasinya, sekarang saya mau pake fingerprint untuk pengganti barcode. Setahu saya, fingerprint itu nyimpen data jam masuk keluar di mesinnya sendiri & pada jam tertentu kita bisa import data dari mesin ke server (Bisa manual, bisa otomatis).

Yang saya tanyakan :
1. Adakah yang punya pengalaman menggunakan fingerprint untuk absensi pakai CI/PHP & Mysql ?
2. Jika ya, apakah metodenya menggunakan import data dari mesin ke database server atau koneksi langsung dari mesin ke database server ?
3. Tipe & merk apa mesin finger untuk mendukung metode ini ?

Saya maunya, jika karyawan fingerprint datanya bisa langsung ke simpan ke server (Sama seperti metode saya sekarang yang menggunakan barcode).

Terimakasih.

Tanggapan

  • edited April 19
    @uyung cuman mau kasih masukan sih, setau sy sekarang mesin finger udh auto, jadi sewaktu kita instal softwarenya sudah ada sistemnya & petunjuk penggunaannya, untuk datanya disimpan ke admin(1 komputer dijdkan admin yg terhubung dgn mesin).
  • @blackarch , ia bener, setiap pembelian mesin finger uda include software buat baca datanya. Jadi bisa lihat karyawan telat apa engga, jam masuk keluarnya ada, cuman itu kan data ada di PC admin (Yg di pasang aplikasi bawaan finger), nah nanti kan data itu mau di pake buat payroll ni otomatis data dari PC admin di eksport trus di import ke aplikasi HR (Develop sendiri) buat ngitung payrollnya. Kalau gitu kan harus manual export import.

    Bisa ga dari server nembak datanya realtime ke PC Admin (Yg di pasang aplikasi bawaan finger) ? atau finger nyimpen datanya langsung di db mysql jadi datanya bisa realtime ?
  • @uyung kalo untuk itu harus tau terlebih dahulu format data dan juga jenis data yang di export dari mesin finger print, kl langsung ke mysql kyknya ribet, soalnya finger print itu udh sepaket jd kalo mau di rombak..., mendingan coba di export aja.
  • @blackarch , nah itu dia, kalau konsep awal mungkin bakalan pake export import manual ke aplikasi HR nya sesuai format dari export aplikasi bawaan finger (Bisa excel).
    Tapi mungkin ada cara selain export import ?
  • uda nemu sy solusinya :) , ternyata ada mesin finger yg uda bisa pake webservice. Tinggal di aplikasi sy di pakein PHP SOAP buat narik data dari mesin finger (Langsung insert ke MySql). Terus di seleksi kalau datanya uda ada ya jgn di insert lagi :# .

    note : Aplikasi bawaan mesin finger cuma di pake buat nambah nama karyawan baru aja
    terus di rekam sidik jarinya, kalau narik datanya uda bisa pake PHP

    Makasih buat yg uda ngasih tanggapan.
  • apa merek mesin finger nya mas? sekalian dgn seri nya mas
  • Finger Plus ZT 9000
Sign In or Register to comment.