Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Facebook Luncurkan PHP HipHop Virtual Machine

edited December 2011 in Berita IT
image

Populasi Facebook makin membengkak saat ini. Melayani lebih dari 800 juta penggunanya, tim developer Facebook telah melakukan pembenahan besar agar bisa 'bergerak' lebih cepat lagi ketika diakses melalui halaman webnya yang berbasis PHP.

Jumat kemarin (9/12) Facebook telah menyediakan HipHop Virtual Machine (HHVM) di GitHub atau yang dinamai dengan PHP Compiler Just-In-Time. Eksekusi dari mesin ini sendiri terbukti lebih cepat 60 persen dibandingkan yang ada saat ini, terlebih lagi menghemat penggunaan memori sampai 90 persen.

Saat ini Facebook sedang menggunakan HHVM ini di lingkup pengujian ulang, yang mana nantinya bisa dipastikan akan menggantikan source code PHP yang terpasang di websitenya. Bagi Facebook sendiri, PHP adalah bagian yang sangat penting yang harus diperhatikan. Selain dengan PHP, pihak Facebook juga mengkombinasikannya dengan C++, yang mana C++ memiliki performa jauh lebih cepat.

Dengan keberadaan Facebook HipHop Virtual Machine ini akan mampu mentransformasikan ekstensi PHP menjadi code C++ yang sudah dioptimasi, ini artinya performa Facebook akan jauh lebih cepat lagi. Saat ini developer Facebook menulis code dalam bentuk ekstensi PHP, dan kini semua akan ditransformasikan ke C++ yang akan di-compile menjadi objek biner.

Selain mengembangkan HHVM, perusahaan jejaring sosial raksasa tersebut juga sedang bergelut dengan HPHPi, yang mana memungkinkan para developer PHP menjalankan code PHP tanpa compile. Code yang dijalankan di HPHPi ini agak lambat bila dibandingkan performa yang dijalankan pada server HipHop, namun lebih mudah untuk proses debugnya. HPHPi dan HipHop sendiri tidak memiliki kesamaan bahasa. Ini menyebabkan code yang berjalan di HPHPi belum tentu bisa berjalan baik juga di server HipHop. Untungnya problem internal ini sudah terpecahkan menggunakan HHVM.

Nah, untuk Anda yang ingin mencobanya, silahkan klik di sini.

(thePinkFighter)

Tanggapan

  • pantesan saya pake modem koneksi lagi lag aj buka fb cepet buka yang lainnya lama jadi akibat ini ya hahaha nice info bro..
  • waduh, teknologi berkembang sangat pesat yaa..
    selalu ada aja hal terbaru, hebat sekali
  • waduh, teknologi berkembang sangat pesat yaa..
    selalu ada aja hal terbaru, hebat sekali
    bener bnget gan,,,,jangan sampe dah telat update,.,,hehehe
  • gila ya tim developer-nya facebook, otaknya tokcer :-?
  • edited May 2013
    Bener-bener mantep. terus-menerus berinovasi...
  • Hebaat. .  ! ! ! Dunia Programmer Makin Dipermudah Saja . .
    B-)
  • ada yg bisa jelasin cara penggunaannya ga ya?? Minat belajar  :-?
  • mantab Facebook 
  • Wah.. makin ketinggalan aja nih :(
  • Kalo sama phalconphp ? Lebih cepat mana?
  • Katanya sih dengan implementasi hiphop itu mereka bisa mengurangi beban server hingga 80%. Luar biasa.
Sign In or Register to comment.