Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Menambahkan Icon Smiley untuk Pidgin di Linux

Di dunia linux, aplikasi messenger yang bisa dipakai untuk melakukan chatting cukup banyak. Salah satunya adalah pidgin sebagai aplikasi multiprotocol messenger. Dengan menggunakan pidgin, seseorang dapat memanfaatkan lebih dari satu account dan jenis messenger. Penulis memanfaatkan aplikasi ini sebagai messenger client agar bisa terhubung dengan teman-teman penulis.

Secara default (lihat gambar dibawah), smiley bawaan dari pidgin tidak terlalu banyak dan menarik untuk digunakan seperti layaknya memakai yahoo messenger ataupun msn messenger. Hal ini tidaklah menjadi masalah karena kita dapat menambahkan smiley yang kita inginkan ke aplikasi ini.


smiley default pidgin
Untuk menambahkan smileys di pidgin, terlebih dahulu Anda harus mendownload smiley yang memang dibuat untuk pidgin di alamat http://developer.pidgin.im/wiki/ThirdPartySmileyThemes atau bila masih belum puas, silahkan cari di www.kde-look.org ataupun www.gnome-look.org di bagian icon. 

Sebagai contoh pada tulisan ini, themes icon smiley yang dipakai adalah Yahoo Messenger! 11 beta yang diambil dari alamat ini http://developer.pidgin.im/wiki/ThirdPartySmileyThemes
Untuk menambahkan themes icon smiley di pidgin tidak lah rumit, contoh tulisan ini dibuat menggunakan opensuse 12.1. Pilih themes smiley yang Anda sukai dan setelah selesai proses download dari smiley themes pidgin, ekstraklah icon-icon tersebut pada direktori .purple/smileys. Hasil ekstrak file tersebut akan ada sebuah file yang bernama themes. File ini tidak perlu diubah, kita bisa langsung memanfaatkan file ini untuk mengganti theme icon smiley di pidgin. Bila file ini tidak ada, silahkan membuat file yang bernama theme yang isinya seperti berikut:
Name=Yahoo Smileys
Description=Pidgin smileys
Icon=smile.png
Author=Hylke Bons
Simpan file tersebut dan untuk mengaktifkan theme smiley yang baru saja kita ekstrake, caranya adalah
  1. Buka / aktifkan pidgin 
  2. Pilih menu Tools kemudian Preference
  3. Akan muncul sebuah jendela yang memiliki beberapa tab, pilih tab themes
  4. Pilih / klik opsi Smiley Theme dan cari nama theme yang sesuai dengan yang sudah di ekstrak tadi (sebagai contoh adalah Yahoo Smileys)
  5. Klik tombol Close 
Sampai disini, ekstrak dan peng-aktif-an themes icon smiley di pidgin selesai. Untuk mencoba apakah memang benar icon themes smiley bawaan dari pidgin sudah berubah menjadi icon themes smiley yang didapatkan dari internet caranya adalah dengan melakukan klik ganda pada salah satu id messenger yang ada di daftar pidgin kita sehingga muncul sebuah jendela baru untuk chat. Kemudian klik tombol Smile! untuk menampilkan daftar icon themes smiley yang baru saja kita instalasi. Bila muncul daftar icon smiley yang baru seperti gambar dibawah ini


new smiley
maka proses penambahan icon theme smiley di pidgin sudah berhasil, silahkan dicoba saat melakukan aktifitas chatting dengan teman-teman Anda.

Selamat mencoba.....

Tanggapan

Sign In or Register to comment.