Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll. Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb
Kalau email konfirmasi tidak masuk-masuk, tolong cek folder Spam di email Anda.
software utk scan klise film...?
  • tuh.. kan ... bahasa gw nggak enak, & susah dimengerti.. sebelumnya sorry berat.. krtas kalkir biasa di gunakan untuk gambar teknik, beli di toko buku, alternatif lainnya, bisa digunakan vinyl, atau kertas minyak... kalau bisa yg tipis, supaya warna objek nya tidak lar,i seolah overlighting... enlarger.. itu alat cetak foto jaman dulu, sebelum ada mesin digital, bisanya untuk foto hitam putih... sampai sekarang kadang masih dapat ditemui/ digunakan oleh tukang cetak poto hitam putih kilat dipinggir jalan,.. kios nya sebesar kios rokok... kalau lagi beruntung , alat itu kadang nyasar.. di tukang loak, poncol.. jatinegara..taman puring ..etc... kurang lebih prosesnya seperti ini... negatif film yang di letakan di lensa enlarger yg di atasnya terdapat lampu kurang lebih 100 watt, ( kalau yg dipinggir jln biasanya pakai petromak, lampu minyak ) akan menghasilkan gambar foto tersebut pada suatu objek, kertas film,... dan dilakukan dikamar gelap.. naaaaaaaaaaaaaaaahhh karena ada scanner, jadi nggak perlu lagi kamar gelap dan kertas foto, digantilah kertas foto tersebut dengan kalkir atau vinyl, etc,.. kamar gelapnya di ganti scanner.. alias.. kalo gambarnya udah jatuh di kertas kalkir, dsb.. biarkan scanner melakukan tugasnya dengan baik, untuk memindahkan media .. berupa negatif film menjadi ... jpg.. atau pernah denger... teknik " lubang jarum " photography... itu lebih muuuuuurah lagi, logikanya sama ... buat nasya .. kalo udah bisa kasih tau gw yaa,.... ada rahasia besar.. nih thanks berat... sorry lagi kalo bahasanya nggak enak...:D
  • DinyDiny
    Posts: 61
    iya nih...saya juga pengen tahu mengenai hal ini....mungkin teman2 di forum ini bisa membantu kami....ayo donk...bagi2 kita donk ilmunya...sapa tahu bisa jd kerjaan sampingan....ya ga..nashya..;)
  • amenophyamenophy
    Posts: 127
    Setahu saya sich yang seperti ini belum ada, namun untuk scanner film negatif untuk komputer ada, alatnya beda mas. Nggak bisa pake scanner flatbed biasa, coz kalau anda mengerti process scanning dengan prosess pencitraan dari negatif film itu beda banget.

    Mungkin ada yang punya info terbaru??
  • HansenHansen
    Posts: 228
    mendingan nanyanya sama masgoku aja yang udah profesional bangget pasti dia tau
  • iya nih...mas goku nya mana nech...mohon sumbang saran dan ilmunya nih.. biar lebih tambah ilmu2 kita nih...
  • gw punya cara manual..... sorry kalo ada yg kurang, bahan eksperimen gw kurang lengkap.. alias sudah nggak memadai...
    begini ceritanya.....
    scanner ... atasnya di beri kalkir
    klise ( negatif ) di pasang di enlarger,
    focus kan... jatuhnya sinar ( hasil enlarger ) di sesuaikan dengan yg di kehendaki, atau lebarnya kalkir..kalau sudah cukup warna dan focusnya,...
    scan & save to ... terserah .. dalam hati juga boleh...
    jadi dah
    emang sih agak keringetan.. tapi gw cuek abis scanner negatife mahal...
    ..
    ( kalkirnye yg tipis )
    sorry kalo bahasanya nggak enak.. maklum ngga' sekolah...
  • sebelumnya makasih banyak nih...atas idenya...saya ingin sekali nyobain idenya tuch..cuma saya msh bingung..
    mohon maaf ya mas...kalkir itu apa ya..? dan bisa saya perleh dimana tuch..trus klise negatif dipasang enlarger, itu maksudnya gimana ya...
    mohon banget nih mas..tlg dijelasin ya...
    oh ya mas..apa dgn cara tsb dpt kita lakukan dgn semua jenis scanner..?
  • tuh.. kan ... bahasa gw nggak enak, & susah dimengerti.. sebelumnya sorry berat..

    krtas kalkir biasa di gunakan untuk gambar teknik, beli di toko buku, alternatif lainnya, bisa digunakan vinyl, atau kertas minyak... kalau bisa yg tipis, supaya warna objek nya tidak lar,i seolah overlighting...
    enlarger.. itu alat cetak foto jaman dulu, sebelum ada mesin digital, bisanya untuk foto hitam putih... sampai sekarang kadang masih dapat ditemui/ digunakan oleh tukang cetak poto hitam putih kilat dipinggir jalan,.. kios nya sebesar kios rokok... kalau lagi beruntung , alat itu kadang nyasar.. di tukang loak, poncol.. jatinegara..taman puring ..etc...

    kurang lebih prosesnya seperti ini...
    negatif film yang di letakan di lensa enlarger yg di atasnya terdapat lampu kurang lebih 100 watt, ( kalau yg dipinggir jln biasanya pakai petromak, lampu minyak ) akan menghasilkan gambar foto tersebut pada suatu objek, kertas film,... dan dilakukan dikamar gelap.. naaaaaaaaaaaaaaaahhh
    karena ada scanner, jadi nggak perlu lagi kamar gelap dan kertas foto, digantilah kertas foto tersebut dengan kalkir atau vinyl, etc,.. kamar gelapnya di ganti scanner.. alias.. kalo gambarnya udah jatuh di kertas kalkir, dsb.. biarkan scanner melakukan tugasnya dengan baik, untuk memindahkan media .. berupa negatif film menjadi ... jpg..

    atau pernah denger... teknik " lubang jarum " photography...
    itu lebih muuuuuurah lagi, logikanya sama


    ... buat nasya .. kalo udah bisa kasih tau gw yaa,....
    ada rahasia besar.. nih
    thanks berat... sorry lagi kalo bahasanya nggak enak...:D
  • waah...ide nya menarik sekali nih mas madjoong...entar saya cobain dulu ya....tp masalahnya dikotaku, aku tdk tahu hrs mencari kemana lensa enlarger itu...klo dipasaran msh ada jual ga ya..dan kira2 harga nya mahal ga ya...trus ada ga ya alternatif lain pengganti lensa enlarger tsb jika saya tdk berhasil menemukannya di kota ku...
    oh...ya..aku beberapa hari yg lalu coba2 cari di internet aplikasi/software yg bisa mengedit/mengconvert film negatif menjadi positif...akhirnya saya temukan "FilmEasyDevelop 2.0", tp hasilnya yaahhh...ternyata msh kurang memuaskan..dimana warna asli dr poto nya ga ikut serta cuma dr klise tsb kita dpt melihatnya lebih jelas dibanding dgn klo kita melihat klise mentah nya...tp setelah kupikir2 mungkin program ini bisa menghasil yg lebih baik klo di tunjang dgn scanner khusus utk negatif film...
    yaahhh..akhirnya mentok lg nih..
    eehhh...ngomong2, rahasia besar nya apa nih mas....
    :):)
  • sebenarnya... hasilnya juga masih nggak terlalu.. baik.. bahkan buruk.. tapi gw rasa semangat ide baru itu harus dijaga...
    truss.... mengenai software yg nas.. dapet itu... hi hi hi...
    sekarang gw lagi ngumpulin temen yg jago program... kerjabakti..
    bikin itu software.. kalo nggak salah.. prinsipnya hanya mengenai translate color, & untuk menscan klise.. nya .. tetep harus dilakukan seperti melihat film slide pada slide proyektor, supaya warna yg akan di translate.. lebih kuat.. rencananya akan dibikin 2 team ... hardware & sofware,
    hardware ... nantinya berbasis usb, kurang lebih bakal memodifikasi webcam..
    software.. nah.. untuk ini gw butuh temen temen semua, yg mau kerja bakti.. bareng 2, ...
    itu rahasianya nasya...


    temen 2 ada yg mau ikut ?
  • wah...:o rencana besar tuch....aduh...mohon maaf ya...ingin rasanya ikut serta nyumbang ilmu, tp apa daya tangan eehh..ilmu blm sampai ke jenjang tsb...saya doain semoga sukses ya...:)
    ...saya jg udh coba scan tu klise lalu saya invert kan hasilnya melalui photoshop, hasilnya sdh bisa kelihatan sih photonya tp...yaaahh...doniman warna biruuu....tuch
    gimana sih caranya ngilangkan warna biru ya...soalnya saya jg msh amatiran nih dalam photoshop....
    ajarin aku ya...
    :(
  • y_hery_her
    Posts: 22
    Setahu saya Canon sudah mengeluarkan untuk yang bisa beginian (scan negative film), tanya saja di toko terdekat.... murah kok..
  • madjoongmadjoong
    Posts: 41
    itu scan buat film slide, bukan negatif.

Selamat datang,

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

In this Discussion

Tagged

Top Posters