Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

INDONESIA MENANGIS !!!

edited 8:29AM in Gaul
Lagi-lagi Bangsa ini dilanda kesengsaraan :( hari ini, kurang lebih pukul 7 pagi td (26/12/2004) Aceh dilanda GEMPA dengan kekuatan [b]8,9 SR[/b] :( dampak dari gempa tersebut bukan hanya bangsa ini yg merasakan, namun negara2 tetangga lainnya turun tertimpa musibah jg : Malaysia, Thailand, Myanmar, Srilangka, India, Somalia, Maldives, Tanzania, Bangladesh, Seychelles, Maladewa, Cocos Island, Mauritius, dan Reunion :( sampai detik ini sudah lebih [b]130.000[/b] korban tewas di Indonesia :( dan Gempa di Indonesia ini tercatat dalam urutan [b]4[/b] besar gempa yg paling dasyat di dunia sejak Tahun 1900.

semoga Indonesia tidak dilanda kesengsaraan lagi di Tahun yang akan datang....amiiiin.

[img]http://www.ctv.ca/archives/CTVNews/images/20041226/quake_asia_041226/160_indonesia_woman1_200412.jpg[/img]

[img]http://www.geocities.com/kepitingkering/tsunami01.jpg[/img]

[img]http://photo.worldnews.com/PhotoArchive//2004/12/27/14d8b385cfc69388d2d9a0300dda918b-medium.jpg[/img]


[img]http://www.mediaindo.co.id/data/aktual/54447.jpg[/img]

[img]http://photo.worldnews.com/PhotoArchive//2004/12/27/18f51bb25581a99c9bd392e62400ecc3-medium.jpg[/img]


[img]http://images.wn.com/i/35/6890d950388af1.jpg[/img]

[img]http://hosted.ap.org/photos/X/XAW10312270716-medium.jpg [/img]

[img]http://hosted.ap.org/photos/X/XAW10212270714-big.jpg[/img]

[img]http://hosted.ap.org/photos/T/TOK30212270627-big.jpg[/img]

[img]http://hosted.ap.org/photos/X/XAW11012270736-big.jpg[/img]

[img]http://photo.worldnews.com/PhotoArchive//2004/12/27/c5314ba399c5756629ea39e212dc1d77-medium.jpg[/img]

[img]http://id.newsbot.msn.com/ni/O6/)YFC,MV-4DQ2N+(D72}5-F_NPhoto.jpg[/img]

[img]http://id.newsbot.msn.com/ni/^I/{@6C__BH]C^+9)_F)({W}C_NPhoto.jpg[/img]

[img]http://id.newsbot.msn.com/ni/W2/LGQB{OB2MIS(RJ+D_M1J!F_NPhoto.jpg[/img]

[img]http://id.newsbot.msn.com/ni/L!/R~=B=TAJEE{N+5JGF;M-;H_NPhoto.jpg[/img]

[img]http://id.newsbot.msn.com/ni/+K/P5{B1;8DNIWRY0{C;C!WYD_NPhoto.jpg[/img]

[img]http://www.geocities.com/kepitingkering/a1.jpg[/img]

[img]http://hosted.ap.org/photos/X/XKL10112270741-big.jpg[/img]

Tanggapan

  • Sama-sama ikut prihatin.............
    (btw tumben posting spt ini? :D )
  • Originally posted by girang permata
    Sama-sama ikut prihatin.............
    (btw tumben posting spt ini? :D )
    iye neh tergerak hati gue untuk posting bginian :( soale sedih bgt neh bangsa gak pernah enak sedikit jg...selalu aja dilanda bencana, kebanyakan dosa kali yee?? ah tobat dah :)
  • Originally posted by omrey
    iye neh tergerak hati gue untuk posting bginian :D soale sedih bgt neh bangsa gak pernah enak sedikit jg...selalu aja dilanda bencana, kebanyakan dosa kali yee?? ah tobat dah :)

    Tobat......waqzzzzzzzzzzzz, D:D
    ok ok....seep seep.......
  • :( serem
    :( serem
    :( serem
    :( serem
    :( serem
    :( serem
    :( serem
    :( serem
    :( serem
  • turut berduka... :(

    wah parah banget tuh dulu aja di NTT 6,x skala richter aja udah cukup parah, apalagi ini 8,9 ;p asli kenceng banget.

    Pas hari kejadian itu kemarennya (25 dec) saya masi maen selancaran di anyer, (lagi liburan :) ...) tau2 besok paginya uda kayak begitu. Wah gimana ya kalo pas lagi maen tiba2 ada tsunami ?? :( trus pas malemnya hari kejadian (26 dec 2004) sekitar jem stgh 7 malem gt ada badai gede banget angin kenceng ujan geledek dll komplit ampe serem takut kejadian kayak di aceh... :(

    Tapi dari segala sesuatu pasti ada hikmahnya...
  • aceh gempa urutan no 4 se dunia sejak 1900

    Arus Deras Tsunami 650 km per Jam :o:o:o
    biar pake mobil F1 ... masih aja kekejar tuh.. :o:o
  • Setelah melihat berita yang sangat mendebarkan, gw hanya bisa menundukan kepala dan mendo'a kan semoga rakyat Aceh diberikan ketabahan:)
  • turut berduka cita atas musibah yg menimpa saudara2 kita.......:(

    Mungkinkah dunia ini sudah terlalu tua, hingga iya sakit2an yg mengakibatkan penghuninya morat-marit....

    Tobat Tobat Tobat Tobat.....................
  • 64/11 : "Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."

    smoga bagi korban & keluarga diberi ketabahan & kita bisa mengambil hikmahnya... amin...
  • ada yang tau posko pendaftaran relawan ke aceh teman2?
  • dari milis tetangga...

    Original Message

    Sent: Wednesday, December 29, 2004 12:56 AM
    Subject: [wartawangaul] 2,5 jam di banda aceh

    senin 27 desember lalu saya berangkat ke banda aceh untuk liputan buat associated press television news (salah satu media tempat saya menjadi kontributor) ternyata apa yang saya saksikan disana jauh lebih mengenaskan daripada sekedar menyaksikannya lewat layar kaca.

    di sini saya bisa berinteraksi langsung dengan pada korban, baik yang masih hidup maupun yang sudah mati. dengan yang hidup saya masih bisa berbincang-bincang seadanya (tak etis rasanya saya menanyai mereka panjang lebar karena mereka baru tertimpa bencana, dan saya tau mungkin mereka belum makan sejak minggu pagi saat bencana itu terjadi). saya juga bisa merasakan langsung kesedihan yang terpancar dari wajah-wajah kuyu yang kecapaian dan masih trauma itu. mungkin kalau saya mengerti bahasa aceh kesedihan itu bisa jadi berlipat-lipat. sedangkan dengan si mati saya bisa melihat langsung kondisi mereka yang sangat mengenaskan, mencium aroma yang konon bisa "melekat" di tubuh anda selama sepekan. saya mendapat informasi ini dari seorang dokter yang kebetulan sering berurusan dengan mayat.

    dalam kunjungan singkat itu (sekitar 2,5 jam saja, sekitar satu jam saya habiskan dengan terbengong di bandara iskandar muda karena tak adanya alat transportasi ke kota) saya sempat menyaksikan kepanikan luar biasa dari warga kota serambi mekah itu. beberapa tenda militer didirikan tak jauh dari pintu keluar bandara. di jalan-jalan warga bersileweran seperti orang ling-lung. mungkin masih trauma, atau mungkin ada keluarganya yang hilang. atau malah sudah mati... kondisi ini memaksa kendaraan yang melintas untuk berjalan pelan. waktu biasa sekitar 20 menit dalam perjalan dari bandara ke kantor gubernuran terasa menjadi lebih lama.

    di lambaro saya bersama rombongan (3 dokter dari medan, seorang anggota DPR RI asal aceh, kadis kesehatan pemprov. NAD, dan 2 jurnalis kantor berita xinhua beijing) singgah di lokasi pemakaman massal. saat tiba disana, areal sekitar 20 m x 15 m itu sedang digali dengan menggunakan excavator. penggalian belum selesai, 5 kantong berisi mayat teronggok di pinggir lubang raksasa itu. sekitar 5 menit mengambil gambar, kami melanjutkan perjalanan.

    semakin jauh mendekati kota suasana chaos semakin terasa. crowd manusia yang kebingungan semakin banyak terlihat. tak sedikit dari mereka yang membawa buntalan-buntalan besar. mungkin pakaian, atau harta yang tersisa. mobil-mobil dan sepeda motor lalu lalang dengan lampu dihidupkan. sesekali ambulans melintas kencang. entah membawa korban yang masih hidup, atau mayat yang sudah mulai membengkak. saya tidak sempat memeriksa.

    sebelumnya saya dengar banyak beredar rumor bakalan terjadi gempa dan tsunami susulan. berita-berita seperti ini tentu menyesatkan karena bisa saja menimbulkan hal tak diinginkan. entah siapa yang menghembuskan, yang jelas banyak warga yang menjadi korban. mungkin karena mereka masih trauma. sedikit saja terdengar jeritan, "air..." niscaya orang-orang langsung berlarian menyelamatkan diri. si anggota DPR RI sempat bercerita kalau dia juga sempat menjadi korban.

    mendekati bundaran lambaro di aceh besar aura kehancuran dan kematian semakin terasa. beberapa kali saya melihat mayat teronggok di pinggir jalan. aroma udara yang terhirup juga mulai tak sedap. saya menduga pasti ada konsentrasi pengumpulan mayat. dugaan saya benar. di sebelah kiri simpang lambaro yang dikenal dengan sebutan bundaran itu, tepatnya di depan kantor PMI teronggok sekitar 700 an mayat dari berbagai tempat di kota banda aceh.

    ya tuhan... saya hampir tak percaya dengan penglihatan sendiri. selama saya bekerja sebagai jurnalis inilah konsentrasi mayat terbanyak yang saya lihat! mayat-mayat itu membusuk lebih cepat karena terendam air. saya sempat terbodoh sebentar, apalagi saat melihat jejeran mayat anak kecil (mungkin berusia 5 tahunan). ada lagi mayat anggota polisi yang masih berpakaian lengkap. ada mayat seorang wanita yang biji matanya hampir mencelat. ada mayat yang mulutnya masih mengeluarkan darah dan buih... ah... saya tidak tahu kenapa saya begitu kuat siang itu. entah dimana air mata saya. sebelumnya saya mendengar cerita seorang kameramen sctv yang menangis sambil mengambil gambar. ada juga cerita seorang jurnalis lain yang sampai tak sanggup mengambil gambar. bisa anda bayangkan?

    tapi saya teringat saya tidak punya waktu banyak disitu. apalagi si pemilik mobil kijang yang kami tumpangi juga sedang tergesa-gesa hendak melanjutkan perjalanan mengantarkan 3 orang dokter yang bersama saya itu. akhirnya camcorder saya hidupkan dan lensa kamera mulai saya arahkan dengan beberapa variasi shoot. kamera saya juga sempat merekam seorang bapak yang berusaha mengenali sesosok mayat anak kecil dengan meraba-raba bagian belakang kepalanya. mungkin dia berharap bisa mengenali si anak dari tanda lahir di belakang kepala itu. sejenak dia seperti tidak yakin kalau itu putranya. dia terdiam. tapi tiba-tiba dia menangis kencang dan terisak. sayang saya tidak mengerti ucapannya. mata saya sempat berkaca-kaca...

    sore itu orang-orang hilir mudik berusaha mengenali mayat demi mayat. sedangkan tentara dan relawan palang merah indonesia mengangkati mayat ke truk untuk diantarkan ke tempat pemakaman. truk lain masuk ke lokasi mengantarkan mayat baru. entah dari mana. pasokan mayat sepeti tak berhenti. sinar matahari yang lumayan terik membuat aroma tak sedap semakin menyeruak. untunglah seorang teman yang terbiasa dengan liputan yang berhubungan dengan orang mati pernah memberikan resep. saat saya coba ternyata memang mujarab.

    "kalau berada di dekat mayat, bagaimanapun kondisi dan bau nya, jangan sekali-kali membuang ludahmu. karena itu bisa memancing muntah. sebaiknya telanlah ludahmu kalau merasa ingin muntah, bagaimanapun mualnya. mudah-mudahan kau tak akan muntah," kata si teman.

    teman yang memberikan resep adalah stringer salah satu kantor berita asing di NAD. ingat dia saya sempat kuatir karena saya belum melihat seorangpun jurnalis yang saya kenal disana. ada cerita kalau kebanyakan para jurnalis tinggal di daerah dekat pantai. padahal itulah lokasi yang paling ringsek dihantam tsunami. saya ngeri membayangkan kalau dia ikut menjadi korban.

    perjalanan lalu berlanjut. konsentrasi orang semakin banyak. di sebuah spbu saya melihat antrian panjang orang. tak sedikit dari mereka membawa jirigen plastik. antrian itu semakin tak tertib. petugas spbu sepertinya sengaja menjatah karena persediaan tak banyak.

    di sebelah kiri dan kanan jalan saya melihat gedung permanen bertingkat yang rubuh karena gempa. kalau tidak salah, bangunan yang di sebelah kiri gedung keuangan dan yang di sebelah kanan bangunan gedung asuransi. saya ngeri membayangkan seandainya bencana terjadi pada saat hari kerja. berapa banyak korban yang bakalan tertimpa?

    oia, si kadis kesehatan yang menyetir mobil yang kami tumpangi cerita kalau air (bah) sampai ke lokasi yang saya lihat. padahal jarak bibir pantai dengan tempat tersebut hampir mencapai 15 kilometer. sebegitu jauh, tapi air sampai kesitu. tinggi pula lagi. saya bisa melihat bekas air bercampur lumpur dari tembok-tembok itu...

    sampah-sampah dan kayu-kayu teronggok di pinggir jalan membuat pemandangan semakin kumuh. "tadi pagi sampah-sampah masih di tengah jalan. tapi barusan dibersihkan pakai buldoser," tambah si kadis.

    beberapa mayat masih teronggok di pinggir jalan.

    sayang saya tak bisa melihat detail ke seluruh tempat karena duduk terjepit di tengah-tengah mobil. saya juga tak bisa mengambil gambar dengan posisi seperti itu. ah, seandainya tadi saya bisa mencarter/ menyewa sebuah sepeda motor untuk berjalan sendiri. tentu gambar yang saya dapat bisa jauh lebih bagus. tapi saya ingat juga tak punya waktu lama karena paling tidak mesti mengirimkan kaset untuk segera dikirimkan ke jakarta.

    mobil kami lalu berbelok mengarah ke kantor gubernuran. si kadis rupanya hendak bertemu seseorang di sana sehingga tak sempat membawa kami berkeliling lebih jauh. di pendopo gubernuran sudah banyak warga yang mengungsi. tempat itu memang jauh lebih manusiawi dibanding tempat-tempat yang saya lihat sebelumnya.

    dalam sekian menit itu saya sempat menimbang-nimbang untuk terus jalan sendirian atau ikut balik ke bandara dengan rombongan wapres jusuf kalla. tapi tenggat waktu memaksa saya mengambil keputusan cepat. apalagi cuma ada satu bus yang bisa saya tumpangi untuk kembali ke bandara.

    pertimbangannya, kalau saya tinggal saya mesti mencari sepeda motor untuk dicarter. jangan berharap ada angkot atau taksi disana. kalau saya tinggal, saya pasti akan kesusahan mencari penginapan dan makanan. jangankan untuk saya, warga setempat saja sudah 2 hari tidal makan. belum lagi saya betul-betul dengan medan banda aceh. saya pernah ke kota ini hampir 17 tahun lalu. banyak perubahan bukan?

    melihat orang-orang mulai menaiki bus yang akan kembali ke bandara naluri saya memaksa untuk ikut. sempat saya kuatir, bagaimana kalau paspampres memaksa saya untuk turun? tapi saya teringat deadline untuk mengirimkan kaset hasil rekaman. tanpa berpikir panjang lagi saya ikut naik ke bus. di dalam saya melihat najwa shihab (presenter metro rv), beberapa wartawan dan fotografer lain dan seorang reporter perempuan yang membawa-bawa camcorder berstiker TV7. belakangan saya tahu kalau dia ternyata uni z. lubis.

    perjalanan setengah jam kembali ke bandara ternyata belum berbeda dengan saat saya menuju gubernuran tadi, selain orang-orang semakin banyak dan jalanan semakin padat.

    saat melintas dari lokasi pemakaman massal saya sempat melihat kalau pemakaman belum dilakukan. padahal sore itu rencananya mesti dikuburkan karena mayat bertambah dan yang jelas semakin menebar bau tak sedap. saya berharap iring-iringan mobil wapres singgah di situ. tapi rombongan jalan terus.

    rombongan akhirnya berhenti di hanggar lanud iskandar muda. rupanya wapres mau melihat pasokan bantuan yang baru tiba dari medan. sore itu, 1 pesawat hercules baru saja landing membawa ratusan kardus makanan dan obat-obatan. prajurit tni tampak hilir mudik mengangkuti kardus-kardus itu dari lambung pesawat. tak lama wapres berangkat naik helikopter untuk meninjau beberapa lokasi yang tak terjangkau lewat jalan darat.

    kesempatan itu lalu saya manfaatkan dengan berbincang-bincang dengan kapolda nad irjen bachrumsyah.

    "bencana ini memang sangat mengerikan dik. saya juga turut menjadi korban. saya kehilangan kontak dengan banyak saudara-saudara saya. saya tak bisa berharap banyak. kalau mereka masih hidup tentu mujizat. kalaupun sudah tak ada, saya tak bisa berbuat apa-apa," katanya pada saya.

    polisi berbintang dua dan berkumis lebat itu sepertinya memang sedang depresi ringan. wajar-wajar saja karena dia mesti berkeliling kesana-kemari. belum lagi laporan banyak anak buahnya yang hilang. termasuk sekitar 1 kompi saat mereka mau apel pagi di minggu naas itu. kelelahan terpancar dari wajahnya. celana lapangan yang dikenakannya belepotan lumpur. sangat jarang saya melihat pemandangan seperti itu. menyadari itu saya urungkan untuk menanyai hal-hal lain.

    sore menjelang malam itu juga, sekitar pukul 18.30 akhirnya saya jadi terbang ke medan menumpang pesawat pelita air yang disulap menjadi pesawat RI-2. sebelumnya saya sempat cemas, bagaimana saya mengirimkan kaset saya. untuk menumpang di pesawat wapres rasanya mustahil karena saya belum diregistrasi.

    sambil mencari akal bagaimana caranya untuk ikut pulang tiba-tiba seorang bapak menegur saya. saya tidak mengenalnya, selain baju safari coklat yang dikenakannya dan pin kecil di ujung kerahnya. seingat saya, seluruh anggota pasukan pengamanan presiden/ wakil presiden mengenakan pin tersebut. tapi, dia terlihat lebih tua dari anggota paspampres lainnya.

    "mau pulang dik?" katanya sambil menepuk pundak saya.

    "iya pak, kalau memang ada seat," kata saya ragu-ragu.

    "ya udah, kalau mau pulang ikut saja. jangan berlama-lama lagi. ayo ikut aja," katanya ramah.

    mendengar tawaran tersebut saya berbinar dan melangkah pasti ke tangga pesawat. akhirnya pikiran saya soal bagaimana mengirimkan kaset mendapat jawaban.

    jam 19.00 pesawat meninggalkan banda aceh. saya masih kepingin kembali kesana, mungkin dalam waktu dekat. rasanya saya ingin menebus kesalahan tidak sempat melakukan reportase lengkap. selain kaset berdurasi sekitar 20 menit. sebagai seorang jurnalis ini sebenarnya kesalahan yang tak bisa ditolerir.

    satu pertanyaan terus membayangi saya selama 45 menit di udara,bahkan sampai hari ini saat saya mengetik di sebuah warnet tak jauh dari rumah saya setelah seharian menongkrongi posko bencana di lanud auri medan.

    kenapa pemerintah cenderung lambat menangani bencana ini? apalagi setelah beberapa pengungsi yang selamat dan pindah ke medan yang curhat mengatakan belum makan dan mendapat air bersih hampir 3 hari belakangan. jangankan makanan, snack pun hampir tidak ada.

    "kami sampai mesti mengorek-ngorek lumpur siapa tau ada makanan yang terbenam," kata si pengungsi tadi siang kepada saya. ucapannya tentu membuat saya terhenyak, apalagi setahu saya pasokan makanan sudah mulai dikirimkan sejak sehari sebelumnya. buat apa makanan itu sampai kesana kalau tak segera didistribusikan?

    sampai tadi malam pasokan makanan dan obat-obatan masih terus masuk ke posko dan "tertimbun" disitu.

    kenapa semuanya terasa sangat lambat? sikap pemerintahan srilangka membuat saya iri. mereka cepat tanggap walau cuma sebuah negara kecil. militer dikerahkan untuk mengevakuasi korban. baik yang masih hidup atau sudah mati. mereka juga dikerahkan untuk mendistribusikan pasokan bantuan makanan dan obat-obatan. mereka bisa kenapa kita tidak? ayo kita bantu mereka yang jadi korban sebisa kita.

    sayang saya tak sempat menanyakannya kepada mr president saat beliau megunjungi posko satkorlak bencana aceh di lanud auri medan selasa malam tadi.
  • Posko Bantuan Bencana

    PEDULI KORBAN TSUNAMI


    DAFTAR ALAMAT POSKO BANTUAN BENCANA TSUNAMI

    BANDUNG
    Common Room - HU Pikiran Rakyat
    Jl. Kyai Gede Utama No. 8 Bandung 40132
    T/f 022 2503404
    kontak: tobucil
    email: tobucil@melsa.net.id

    Posko Untuk Aceh
    Jl. Belimbing No. 3 Bandung
    Kontak: Fadli
    t. 022 7201936
    081320505333

    JABOTABEK
    Sanggar Ciliwung Romo Sandyawan
    Sanggar Ciliwung
    Kl. Bukit Duri 1/21, RT 06, RW.012
    kel. Bukit Duri, Tebet
    Jakarta Selatan 12840
    bank BCA Matraman no.342 2304891
    a/n Shirly Suhenda atau I. Sandyawan Sumardi
    (Masuk dari jembatan Tong Tek, samping Pos Polisi)
    t/f 021 8308255
    email: cliwung@cbn.net.id
    sandyawan@hotmail.com

    Indosiar
    Rek. BCA atas nama Indosiar: 001 - 304 - 00092)

    RCTI
    Rek. BCA atas nama RCTI: 128 - 300 -70003)

    Koordinator Kesra RI
    Rek. atas nama Kepala Biro Umum bidang Kesra
    Nama: I Nyoman Meweh
    Rek. BNI Cab Harmoni: 07 000 311 2717 9114)

    Posko Bantuan di Halim Perdanakusuma dan Kantor Kesra5
    No. telepon perkembangan di Medan: 061 - 456 65246

    metro tv
    Rek. BCA atas nama metro tv: 309 - 300 - 7979

    Kantor Berita Radio 68H Jakarta
    Kantor Cabang PembantuBCA
    no rekening 5800091090
    atas nama PT Media Lintas Inti Nusantara
    Dan terus simak update beritadan informasi dari Nangroe Aceh Darussalam lewat radio-radio jaringankami di seluruh Indonesia. Di Jakarta simak 89,2 FM.

    Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia
    Jl. Tegal Parang Utara No 14 mampang Prapatan
    Jakarta Selatan
    Telp. 791 93 363
    Kontak : Ridha Saleh (08159 448 017),
    Winoto (08128 259 537) dan
    Andi Armansyah (08154 036 028)
    Rekening untuk Bantuan Aceh:no.rek: 039.01.01825.00.9
    a.n. WALHI (KESLING)Bank Niaga Cab. Jakarta Design CenterJl. Gatot Subroto Kav. 53 Jakarta>

    Kontras
    Jl. Borubudur No 14 Menteng Jakarta pusat
    Kontak : Usman Hamid, Gianmoko : 0811812149, 08129437339
    No. rek. 2-072-267-196 a.n. KONTRAS BII JAKPUS

    Aceh kita
    Jl. Bojonegoro no 16 Menteng
    Jakarta Pusat 10210
    Telp. (62) (21) 390-1576>>>Fax. (62) (21) 390-1575
    Kontak : Ipul dan Taufik : 081511222551, 0818944726

    Migrant CARE
    Perhimpunan Indonesia untuk Buruh Migran Berdaulat
    Jl. Cipinang Pulo Maja No. 41 F
    Kel. Cipinang Besar Utara Jatinegara
    Jakarta Timur,
    Telp/Fax: 62-21-85903950
    E-mail: migrantcare@telkom.net
    Kontak person BUTET LUBIS 081533180019

    Ratna Sarumpaet Crisis Center
    Jl. Kampung Melayu Kecil V/24,
    Bukitduri Tanjakan, Tebet
    Telp. 021-8291657

    KAWULA MUDA PRAMBORS PEDULI TSUNAMI
    Rekening BCA, dengan nomor rekening
    342 . 301 . 989. 8
    atas nama Radio Prambors
    Kontak: Herlyana Suryadi (Nana)
    Program Director PT. Radio Prambors
    Jl. Mendut No. 15,
    Jakarta 10320
    Ph : (021) 390-4310 ext. 128
    Fax : (021) 3193-5235
    Mobile : (+62) 811-151657

    SUMATERA UTARA
    ED WALHI Sumatra Utara
    Jl. Air Bersih No 79 Medan
    Sumatra Utara
    Kontak : Herwin Nasution; 0811657517,
    Tlp kantor : (061) 7869061/77804071
    Fax : (061) 7869061
    Email : walhisu@indosat.net.id


    LAYANAN INFORMASI

    Untuk mencari teman atau saudara:
    Posko Mencari Informasi Keluarga
    Media Center Puspen TNI 021 - 84595575 dan 84595576
    Media Center Satgas Info TNI - Lhok Seumawe 0645 - 630935 dan 630525
    Posko Bantuan Angkut Sosial Mabes TNI
    Lanud Halim Perdanakusuma 021 - 8019035
  • Originally posted by sandal
    ada yang tau posko pendaftaran relawan ke aceh teman2?

    memang saat ini dibutuhkan banyak tenaga relawan untuk Aceh, mengingat posko2 bencana dan posko pengungsi yang ada di Aceh sangat kekurangan sumberdaya dan tenaga.

    bagi teman2 yang mau menjadi relawan untuk diberangkatkan ke aceh, bisa mendaftarkan diri ke PMI Pusat, dengan mengirimkan biodata ke sdmpusat@pmi.or.id
  • [align=center]PRESS RELEASE

    GEMPA BUMI DAN TSUNAMI ACEH 26 DESMBER 2004

    JAKARTA , 29 DESEMBER 2004 [/align]


    1. Telah terjadi gempa bumi besar yang diikuti tsunami hebat hari Minggu, 26 Desember 2004.

    2. Badan Meteorologi dan Geofisiska menentukan pusat gempa di 2.9 LU ? 95.6 BT, kedalaman 20 km, kekuatan 6.8 Skala Richter (body wave), sedangkan lokasi yang ditentukan oleh USGS 3.4 LU ? 94.7 BT dengan kekuatan 8.1 SR (magnitude momen).

    3. Tsunami ditimbulkan oleh gempa utama melanda P Nias, Banda Aceh, P Weh, Biruen, Lhok Seumawe, serta sebagian Pantai Timur Aceh. Tsunami juga melanda daerah pantai Negara-negara lain diantaranya: Malaysia, Thailand, Myanmar, Srilangka, India, Somalia, Maldives, Tanzania, Bangladesh, Seychelles, Maladewa, Cocos Island, Mauritius, dan Reunion (data USGS).

    4. Gempa bumi ini diikuti gempa-gempa susulan dengan kekuatan bervariasi dengan magnitude 4 sampai dengan 6.2 SR, yang dapat ditentukan oleh BMG. Ts! unami hanya ditimbulkan oleh gempa-gempa dangkal di bawah laut dengan magnitude diatas 6 SR. Untuk itu dapat disampaikan bahwa tsunami susulan di daerah Aceh sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi. Meskipun demikian masyarakat diminta tetap waspada.

    5. BMG tidak pernah mengeluarkan statement akan terjadinya gempa bumi dan tsunami di daerah Jawa Barat dalam 2 minggu. Meskipun diketahui bahwa daerah Jawa Barat khususnya pantai selatan termasuk daerah rawan gempa dan tsunami namun belum ada ilmu dan teknologi yang dapat memprediksi akan terjadinya gempa bumi. Sehubungan dengan isu yang beredar tentang akan terjadinya gempa bumi dan tsunami di Jawa Barat dalam 2 minggu ini, dapat kami sampaikan hal tersebut TIDAK BENAR. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan bisa menjalankan aktifitasnya tanpa rasa takut dan was-was, kendati kewaspadaan tetap harus dijaga.

    6. Hari Senin, 27 Desember 2004 telah dilakukan reanalislis terhadap gempa u! tama dengan memasukan data-data tambahan dari stasiun-stasiun BMG yang dilengkapi dengan seismograph broadband dan menghasilkan lokasi dan kekuatan sumber gempa sebagai berikut:



    BMG

    Waktu Gempa : 07.58.50,26 WIB

    Espisenter : 3.05 LU-94.85 BT

    Kedalaman : 20 km

    Magnitudo Momen : 8.9 SR

    Magnitudo Body : 6.8 SR




    USGS

    Waktu Gempa : 07.58.53.00 WIB

    Espisenter : 3.26 LU-95.82 BT

    Kedalaman : 30 km

    Magnitudo Momen : 9.0 SR

    Magnitudo Body : 6.4 SR





    Dikeluarkan di JAKARTA

    Pada tanggal 29, Desember 2004

    KEPALA BADAN METEOROLOGI DAN GEOFISIKA



    ttd

    DR. GUNAWAN IBRAHIM

    NIP: 130 611 115

    http://www.bmg.go.id:8080/press.html
  • Aseli gw turut berduka cita sekali....:(
    soalnya temen deket chating gw 4 saudara nya meninggal dan dia sekarang sedang mengungsi di Sumatra Utara (Medan).......aku do'a kan, semoga dia sehat dan tidak kekurangan sesuatu apa pun.......Aminnn, Ya allah Ya rabbal 'alamain....
  • mungkin ini protes alam terhadap kejadian kejadian di aceh dan membuat kita selalu ingat pada Tuhan ......

    semoga keluarga yg ditinggalkan mendapat ketabahan dalam menghadapi cobaan ini. Amiiin ....
  • mungkin berguna bagi yg membutuhkan perkembangan informasi seputar Aceh,
    tolong disebarluaskan..

    Original Message

    Subject: [imoca] Informasi tambahan3

    Bagi teman2 IMOCA yang ingin menyumbangkan bantuan berupa obat, makanan dan
    barang, informasi berikut ini harus disimak.

    Seorang teman telah berbicara dengan Bp. Andi dari Badan SAR
    Nasional yang bersama TNI membuka Posko 24 jam di Lanud Halim, ada
    beberapa catatan mengenai bentuk bantuan yang diberikan, khsususnya
    apabila memeberikan dalam bentuk barang-kebetulan BASARNAS memang
    hanya menyalurkan yang non-uang :


    1. Bantuan JANGAN berupa bahan pangan yang masih harus diolah
    -termasuk mi instan, karena di sana tidak ada air bersih dan sarana
    untuk memasak. Yang amat sangat dibutuhkan adalah MAKANAN BAYI (bukan
    susu formula, krn inipun membutuhkan campuran air bersih yang sangat
    langka). Biskuit bayi dan produk siap makan (seperti produk gerber,
    nestle dkk) akan sangat menolong. Susu cair dalam kemasan / UHT juga
    akan sangat membantu.


    2. Bantuan Non Pangan, saat ini prioritasnya adalah :
    - kantong mayat
    - karbol / disinfektan
    - masker
    karena kondisi mayat membusuk yang bergelimpangan di mana-mana sudah
    membuat sesak nafas dan apabila tidak segera dievakuasi / diisolasi
    dikhawatirkan akan menimbulkan wabah penyakit, khususnya Kolera.


    3. Bantuan non-pangan lain yang juga masih amat jarang & amat sangat
    berharga adalah
    - kain kafan / sepre besar
    - selimut
    - pakaian dalam (khususnya wanita)
    - kain sarung
    - botol susu & dot bayi untuk bayi-bayi yang baru lahir


    4. Untuk obat-obatan, peralatan medis & sanitasi harap berkoordinasi
    dengan DepKes dan LSM Kesehatan supaya bisa tepat guna.


    Semoga bermanfaat,

    Original Message
    Sent: December 28, 2004 7:43 PM
    Subject: [st3-milis] Layanan Telekomunikasi PSN

    Dear All,

    Saya bersama 6 orang dari PSN akan berangkat ke ACEH sore ini. Kami akan mencoba support layanan Telekomunikasi di Banda Aceh semaksimal mungkin. Jika diperbolehkan kami akan membuka POSKO di Pendopo Gubernur Banda Aceh.

    Jika ada yang membutuhkan layanan Telekomunikasi atau membutuhkan perangkat BYRU atau PASTI di ACEH, silahkan ke POSKO kami. Hanya saja stocknya sangat limited. Kemungkinan no yang bisa dihubungi adalah :

    PASTI : 0868 1212 8075 & 0868 1212 8076
    BYRU : 0868 1900 1025 & 0868 1900 0491

    POSKO kemungkinan siap besok, Kamis 30 Desember 2005.

    Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.
  • beberapa situs informasi tentang bencana di aceh dan sumut :

    http://www.acehmediacenter.or.id
    http://www.peduliaceh.com
    http://www.acehkita.com
  • Tobat sekaligus Ikut berduka cita kepada aceh,gw khan di ausie liat di cnn katanya 125.000 korban dari seluruh dunia,aceh = 100.000,kata indo aceh 80.000,yg mana yg salah ngitung yaa bule apa org indo
  • Badai Pasti Berlalu....Insya Allah Indonesia akan bangkit kembali...bersatu untuk membantu memulihkan kondisi Nanggroe Aceh Darussalam....

    mo liat citra satelit kondisi NAD sebelum dan sesudah musibah click disini
  • clip2 video amatir yg dikumpulkan dari berbagai negara, termasuk dari aceh, indonesia, bisa di donlod gratis kok :

    http://www.asiantsunamivideos.com
  • Allah pasti tidak akan menurunkan suatu bencana pun diatas kemampuan manusia.
    Bencana ini hanya demi kebaikan bagi kita semua utk masa depan nanti.

    Bagi orang indonesia serta asing terima kasih atas bantuan baik barang maupun jasa yang terus mengalir deras ke Serambi Mekkah ini:). Mudah-mudahan ini merupakan suatu kepercayaan besar bagi semua orang di dunia ini utk pemulihan Aceh ke sedia kala.
  • M4RX, avatarnya kecilin dikit dong....gede beneerrrr :(
  • rey.. avatar lu rambut nye rapiin doonk..??
  • iye ntar gue sisir lo bantuin ngapa nyariin sisir kawat buat rambutnya om rhoma :D
Sign In or Register to comment.