Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (diskusi atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai seperti komputer, java, php, mysql, dll. Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus!
- Bagi Anda yang ingin mendaftar, baca link berikut:
http://diskusiweb.com/discussion/50491/how-to-registrasi-diskusiweb-com-baca-ini-terlebih-dahulu
- Cara menyisipkan kode program supaya tampil rapi dan terformat dengan baik di diskusiweb.com: http://www.diskusiweb.com/discussion/50415/cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb-com
- Cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Tips dan Trik Bisnis Startup

Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai tips dan trik bisnis startup, mari pelajari dulu apa sebenarnya bisnis startup itu? Bisnis startup adalah salah satu jenis bisnis yang begitu heboh akhir-akhir ini. Mengapa demikian? karena inilah bisnis yang muncul di era digital. Pembuatan sistem untuk menjadi pelayan terdepan untuk para pelanggannya semakin digencarkan. Kemudian bisnis ini juga mencuri banyak perhatian dari para kalangan muda. Semuanya ingin membisniskan apapun dengan modal kecanggihan teknologi yang ada sekarang ini. Apakah salah? TIDAK, sama sekali tidak. Bagaimanapun ini akan menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia kembali bergerak dengan semangat para pemudanya. Para pemuda inilah yang akanmeramaikan dunia perbisnisan Indonesia. Mereka akan tampil dengan berbagai karakter dan mengahadapi persaingan yang sama. Siapapun yang konsisten dan terus melakukan perbaikan itulah para pemenangnya yang akan menguasai market.

Sebenarnya apa itu bisnis startup? Diambil dari berbagai sumber, inti bisnis startup adalah perusahaan-perusahaan yang masih berkembangan, dan kemunculannya masih menentukan pasar. Selain itu, karakteristik bisnis ini biasanya bergerak di bidang teknologi, web, aplikasi game, dan berbagai hal lainnya yang masih berhubungan dengan internet. Istilah bisnis startup ini semakin populer dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi. Bisnis ini dianggap beberapa orang sebagai lahan basah untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Di Indonesia sendiri, para pebisnis startup sudah banyak bermunculan. Mereka memanfaatkan moment tingkah laku masyarakat yang semakin sering menggunakan teknologi untuk memenuhi kebutuhannya.

Nah, salah satu contoh bisnis startup yang mungkin sering Anda gunakan adalah Gojek, Bukalapak, dan situs lainnya. Gojek lahir dari keresahan masyarakat dengan kualitas transportasi umum. Kemudian Bukalapak menjadi situs belanja yang menyediakan pelayanan yang baik dalam berbagai hal. Termasuk proses pembayaran yang dijamin aman. Tidak heran kalau kemudian, dua situs diatas banyak diburu oleh masyarakat. Kenapa? Karena mereka menawarkan apa yang mereka butuhkan. Faktor-faktor tersebut yang kemudian membuat orang-orang untuk mencicipi manisnya berbisnis startup. Tidak heran, kalau kemudian beberapa ahli mengatakan bahwa pebisnis startup akan terus bermunculan.

Ramalan dari para ahli tersebut tentu akan membuat bisnis ini menjadi medan pertempuran yang sangat panas untuk para pelakunya. Apakah itu benar? BENAR, karena semakin banyak pebisnis yang ingin memulai dan bergerak didalamnya, tentu akan semakin banyak pula kompetitor yang akan menjadi lawan Anda dalam meraih hati konsumen. Bisa dilihat, seiring kesuksesan yang diraih Bukalapak, sekarang banyak bermunculan aplikasi belanja yang juga menghadirkan begitu hal menarik untuk peraih hati para pecinta shopping. Bahkan, mereka berani memberikan discount besar dihari-hari spesial. Nah, hal tersebut tentu disambut antusias yang luar biasa oleh masyarakat.

Apakah dampak tersebut menjadi kabar yang baik untuk para pelakunya? TENTU, hal itu akan menjadi kabar yang sangat menggembirakan untuk para pemula yang memang sudah memiliki konten dan produk yang “keren” untuk dipasarkan. Sedangkan, untuk para pemula yang masih amatiran tentu hal itu akan membuat mereka untuk kembali berpikir dengan banyak hal. Karena apabila mereka memaksakan diri untuk langsung terjun, tentu hasilnya tidak akan bagus. Mereka yang asal jalan, dan tidak tahu triknya tentu akan kalah dan terlewati dengan mudah oleh para pesain lainnya.

Anda tidak bisa menghentikan pertumbahan super luas dari kemegahan teknologi komunikasi dan pengetahuan. Anda hanya punya dua pilihan, yaitu ikut menikmati dan lupa berkarya, atau Anda ikut andil dalam perubahan besar-besaran tersebut. Jelas, Anda akan menjatuhkan pilihan ke nomor dua. Begitupun dengan saya. Lantas bagaimana caranya? Bukankah bisnis startup membutuhkan waktu untuk memahami semua strateginya? Bagaimana cara melawan para kompetitor yang lebih dulu sudah masuk ke dunia tersebut? Mampukah kita untuk menjadi salah satu personil dalam rangka meramaikan dunia perbisnisan di Indonesia? Percayalah, semua pertanyaan itu hanya permainan pikiran Anda. Jadi, tidak ada jawaban lain selain segera bergerak. Ingat, Anda adalah seorang pebisnis.

Tips dan Trik Bisnis Startup
Pembicaraan dunia bisnis akan semakin lebar dengan adanya perkembangan teknologi. Masyarakat masih tercengang dengan dampak positif globalisasi yang membuat mereka mampu melakukan mobilisasi dengan sangat mudah dalam waktu singkat. Hal ini kemudian ditambah lagi dengan penyajian yang memukau dari teknologi komunikasi yang membuat hampir semua kebutuhan bisa tercapai dengan hanya memegang smartphone. Sebuah fakta yang sangat memanjakan masyarakat dunia. Seluruh bidang terkena dampaknya, dan positif-negatif dikembalikan kepada para penggunanya. Inilah masa luar biasa dari pasca-industri.

Hal yang kemudian menarik untuk dibicarakan adalah bagaimana Anda menyikapi masa terhebat ini. Dimana pasar tidak lagi membutuhkan lokasi yang luas. Dimana pembayaran sangat mudah dilakukan, tanpa harus bersusah payah pergi ke ATM, dan dimana informasi dihargai mahal untuk sebuah ide ataupun gagasan. Termasuk didalamnya bisnis startup. Terdapat beberapa rahasia sukses menjalankan bisnis bagi pemula yang dapat Anda terapkan. Nah, berikut adalah tips dan trik bisnis startup yang dirangkum dari berbagai sumber.

Riset
Tips dan trik bisnis startup pertama yang biasa terjadi dalam memulai bisnis adalah melakukan riset atau penelitian. Penelitian ini yang nantinya akan mengantarkan Anda pada suatu masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Contohnya, aplikasi Gojek yang akhir-akhir ini familiar dan sering digunakan oleh hampir seluruh masyarakat, berawal dari keluahan masyarakat akan transportasi yang kurang memadai. Jadi, yang harus ditekankan disini adalah cari masalahnya terlebih dahulu, baru buat produknya.

Amati Perkembangan Tren
Hal kedua yang juga wajib Anda lakukan adalah berusaha untuk selalu mengamati perkembangan tren. Apa yang masih disukai masyarakat, dan apa yang akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya, kesukaan masyarakar untuk berbelanja dengan praktis dan tidak perlu keluar rumah, sudah menjadikan beberapa orang mendirikan web belanja online yang sampai sekarang terus tumbuh. Mungkin beberapa dari Anda ada yang mengatakan bahwa untuk konten itu sudah banyak pesaingnya. Nah, maka Anda harus melakukan inovasi. Berikan perbedaan yang membuat produk Anda beda dengan yang lain. Itulah nilai jual yang mahal untuk sebuah produk.

Belajar
Belajar bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Proses inilah yang akan menghasilkan para pebisnis yang memiliki kualitas juang yang tinggi. Anda pasti tahu, bahwa sebuah ide tidak akan langsung berlancar dan sampai pada kesuksesan. Percayalah, ada saatnya Anda berada pada fase yang tidak menguntungkan. Nah, disitulah Anda akan belajar banyak hal. Kalau dirasa Anda tidak bisa memecahkan masalah tersebut sendiri, komunikasikanlah dengan orang yang Anda anggap mampu membantu. Sebelum terjun sepenuhnya dalam menjalankan bisnis startup Anda, terdapat juga tiga langkah sederhana dalam riset pasar yang dapat Anda lakukan sebelumnya.

Buatlah Seseuatu yang Unik
Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa kompetitor bisnis sangat banyak, dan tidak mungkin Anda sebagai pemula akan menandingi mereka yang sudah terlebih dulu masuk dalam bisnis ini. Lantas apa tips dan trik bisnis startup yang perlu dilakukan? Jadikan produk Anda unik. Itulah yang kemudian membuat inovasi dan kreatifitas dalam bisnsi startup sangat amat dibutuhkan. Bahkan bisa dibilang inilah modal besar yang harus dimiliki oleh setiap pelakunya. Dari sesuatu yang unik itulah, Anda akan mendapat posisi di hati konsumen.

Sumber : Konsultan Manajemen
Sign In or Register to comment.