Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (diskusi atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai seperti komputer, java, php, mysql, dll. Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus!
- Bagi Anda yang ingin mendaftar, baca link berikut:
http://diskusiweb.com/discussion/50491/how-to-registrasi-diskusiweb-com-baca-ini-terlebih-dahulu
- Cara menyisipkan kode program supaya tampil rapi dan terformat dengan baik di diskusiweb.com: http://www.diskusiweb.com/discussion/50415/cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb-com
- Cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Hati-Hati Harddisk Refurbish Gan! Ini Cara Ngebedainnya

Ane sekedar share aja gan. Beberapa hari yang lalu ane beli hard disk di toko elektronik. Harganya sih murah dikit dengan di website. Trus garansi toko selama 1 tahun. Ternyata eh ternyata, eh pas di cek di OS, kok gak kedeteksi. Padahal, lewat BIOS sih bisa gan. Usut punya usut ane apes bukan dapet dapet hard disk resmi gan sis, alias refurbish.
Pas dikomplain, eh yang jual bisa ngasih hard disk resmi, tapi kudu nambah duit. Nah loh, kan makin sedih banget gan. Nah, biar pengalaman kayak ane ini gak keulang lagi, ane kasih tips nih gimana caranya biar kita gak ketipu sama hard disk bersertifikasi ulang atau refurbish ini gan. Tapi, kira-kira apa sih artinya refurbish?
Refurbish adalah barang lama yang diolah kembali. Barang refurbish tentulah barang yang tidak lulus uji untuk dijual ke pasaran. Untuk itu, dilakukan perbaikan untuk bisa dijual kembali kepasaran dengan harga yang sedikit lebih murah dan garansi yang lebih pendek jangka waktunya. Platter, Head Arm dan semua komponen didalamnya adalah murni baru hanya yang menjadi perbedaan adalah chasing dan mungkin hanya PCB yang tidak baru.
Ini dia ciri-ciri Hard Disk Refurbish

1. Garis Hijau



Salah satu cara kalau itu hard disk refurbish adalah agan sista bisa ngeliat dari garis hijau yang terdapat pada labelnya gan sis.

2. Tulisan Certified Repaired



Selain itu, di labelnya ada tulisan certified repaired di label. Kalo gak ada, cek juga deh dipinggiran bodinya, karena gak jarang ada tulisan Recertified di pinggirannya gan sis.

3. Logo Baru



Beberapa merek hard disk udah memiliki logo baru. Jadi, kalo mau ngecek apakah itu hard disk resmi, agan sista bisa membedakan logo baru sama logo yang lama gan.

4. Berstiker hologram



Beberapa hard disk resmi juga memiliki stiker berhologram yang bisa menjamin kalo udah melalui tahap quality control. Tuh, contohnya ada di atas gan sis.

5. Garansi



Sebelum membeli hard disk yang diinginkan, ada baiknya menanyakan terlebih dahulu garansi gan. Kalo garansi resmi biasanya lama gan, gak cuman setahun dan bukan cuman garansi toko. Kalo garansi resmi, biasanya selama 2,3 bahkan ada yang 5 tahun.
Sign In or Register to comment.