Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Menampilkan database MySQL dalam bentuk file Javascript

Permisi, mohon bantuannya

Saya ada database dengan tabel dari database mysql :

https://s8.postimg.org/qw2nft8md/Capture.jpg

Kemudian saya ingin menampilkan isi tabel tersebut dalam bentuk pivot tabel. Dan data dalam tabel mysql akan ditampilkan dalam bentuk file .js (Java Script)

https://s8.postimg.org/xmj4peo45/Untitled.jpg

Bagaimana caranya menampilkan isi tabel pada gambar 1 namun dalam bentuk .js dan didalam kotak merah (gambar 2) ??

Mohon pencerahan master..

Tanggapan

  • edited December 2017
    file dataset.js dipanggil dimana ?
    bentuk pemanggilannya kaya apa ?
  • ganti aja jadi dataset.php.
    sesuaikan path-nya, terserah mau elo tempatkan di mana file nya.

    isinya dataset.php itu koding php yg baca database.
    susun output echo nya supaya isinya jadi sesuai dgn format dataset.js semula.
  • Ada contoh penulisannya master ?
  • Dan ada yang aneh lagi master, ketika di gambar 2 itu tulisannya di kosongi semua, tidak terjadi apa apa dengan hasilnya. Padahal itu ada d path yg sama dengan yang di tulis gambar 3.

    Tapi jika pemanggilan dataset di gambar 3 di hapus, tampilannya ga ada apa apanya.

    Selain itu tidak ada juga link dataset online.

    Kira-kira itu kenapa ya master ???
  • edited December 2017
    karena dataset.js sudah tersimpan di cache browser elo.
    yg dipake dataset.js yg sudah pernah di load sebelumnya.

    kalo mau tau hasil yg bener ...
    saat mau refresh / panggil ulang : tekan SHIFT + F5 / button refresh browser.
  • <script src="test.js"></script>

    test.js
    alert("a");

    <script src="test.php"></script>

    test.php
    <?php
    $str='abcdefghijklmnopqrstuvwxyz';
    echo 'alert("'.$str.'");
    ?>


  • test.js
    alert("a");



    test.php
    <?php
    $str='abcdefghijklmnopqrstuvwxyz';
    echo 'alert("'.$str.'");
    ?>


    Itu diatas disimpan yg dalam bentuk file php atau js ?
  • Masih Gak paham ngoding nya master :neutral:
  • Masih Gak paham ngoding nya master :neutral:
  • Master..

    Jika ini diubah seperti ini

    src="../common/dataset.php"

    dengan.php, tampilannya gak mau mucul
    Muncul jika .js
  • edited December 2017
    lha elo sudah punya bentuk kaya begini :

    itu target yg mesti elo bikin di dataset.php nya.
    dan itu json.
    php sudah punya fungsi json_encode() dan json_decode().
    pake yg elo butuhin.

    lalu katanya elo datanya dari database ...
    kan model script php query database biasa.
  • Jujur nih master
    Karna belum pernah diajarin bikin seperti itu sebelumnya, jadi bingung mau bikin dan mulainya gimana.
    Sudah lihat PHP Manual nya tetap belum paham
  • Kalo script php query database, sudah paham..

    Tapi memulainya harus bagaimana untuk kasus yg atas masih bingung.
    Dan untuk 'echo'-nya itu apa tetap menggunakan

    while($r=mysql_fetch_array($q))
    {
    echo '{ "name" : "$r[nama]", "year" : "$r[tahun]"},';
    }

    apa seperti itu di dalam file dataset.php ??
  • Lalu untuk....

    var dataset=[ ] (seperti digambar) bagaimana master ?
  • Master master... berhasil, saya sudah bikin seperti arahan diatas

    <?php
    //Koneksi database MySQL
    $koneksi = mysqli_connect("localhost","root","","db_bi")
    or die("Error ".mysqli_error($koneksi));
    //Mengambil data pada table dari database MySQL
    $sql = "select * from factcb";
    $result = mysqli_query($koneksi, $sql)
    or die("Error in Selecting " . mysqli_error($koneksi));
    //Membuat array
    $identitas = array();
    while($row =mysqli_fetch_assoc($result))
    {
    $identitas[] = $row;
    }
    //Menampilkan konversi data pada tabel identitas ke format JSON
    echo json_encode($identitas);
    //close the db connection
    mysqli_close($koneksi);
    ?>



    Lalu bagaimana selanjutnya ??

    Bagaimana menggabungkannya dengan...

    var dataset = [ ] (seperti gambar 2)
    Karena itu juga di panggil di tampilannya
  • gw kan sudah bilang json_encode() dan json_decode().
    elo kan bisa buka php manual buat liat fungsi itu buat apa.

    punya php manual apa kagak ?
    kalo ndak punya yg offline, biasa buka php manual yg online atau kagak ?

    coba elo pahami ini :
    <?php
    $arr=array(
    array('nama'=>'ali','alamat'=>'jakarta'),
    array('nama'=>'budi','alamat'=>'surabaya'),
    array('nama'=>'joni','alamat'=>'bandung')
    );

    echo json_encode($arr);
    ?>
    elo dapat apa ?
    apa yg kurang ?
    apa yg mesti ditambah ?

    $arr itu kira2 bisa elo bentuk dari apa ?
  • Sudah bisa master masalah yg diatas
    Ini...

    <?php
    //Koneksi database MySQL
    $koneksi = mysqli_connect("localhost","root","","db_bi")
    or die("Error ".mysqli_error($koneksi));
    //Mengambil data pada table dari database MySQL
    $sql = "select * from factcb";
    $result = mysqli_query($koneksi, $sql)
    or die("Error in Selecting " . mysqli_error($koneksi));
    //Membuat array
    $identitas = array();
    while($row =mysqli_fetch_assoc($result))
    {
    $identitas[] = $row;
    }
    //Menampilkan konversi data pada tabel identitas ke format JSON
    echo json_encode($identitas);
    //close the db connection
    mysqli_close($koneksi);
    ?>
  • Sekarang langkah selanjutnya bagaimana ??

    Bagaimana menggabungkannya dengan...

    var dataset = [ ] (seperti gambar 2)
    Karena itu juga di panggil di tampilannya
  • edited December 2017
    lha kan udah ...

    sudah gw bilang di awal :
    src-nya diubah ke dataset.php

    cuma itu elo ada yg kurang ...
    di dataset.js yg asli ada "var dataset =" nya ...
    di dataset.php elo belum elo tambahin itu ... tinggal di echo doang ...
  • edited December 2017
    Sudah master, berhasil :)

    Aku tambahi seperti ini,


    var dataset = <?php echo json_encode($identitas); ?>


    Terima kasih banyak masterrrr
Sign In or Register to comment.