Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Hotlink Protection Melindungi Gambar Dari Pencurian

Dijaman yang sudah maju sekarang sudah banyak sekali Penyedia Layanan Hosting di Indonesia Tercinta, sudah banyak Layanan yang menyediakan Layanan Hosting mulai dari Shared Hosting, WordPress Hosting, Bussiness Hosting, bahkan beberapa penyedia layanan hosting banyak yang menawarkan Shared Hosting di bawah 15Rb/Bulan. Murah sekali bukan? Dan harga WordPress Hosting biasanya 2X lipat dari harga Shared Hosting.
Banyak Blogger yang tergiur dengan murahnya harga shared hosting, dikarenakan di cPanel sendiri kalian bisa menginstall sendiri WordPress Intsaller, sehingga para blogger lebih memilih shared hosting, Padahal layanan WordPress Hosting biasanya lebih baik dari pada Shared Hosting, seperti Plug-in yang tersedia di WordPress Hosting lebih lengkap dari pada Shared-hosting, tapi di permasalahan kali ini adalah masalah Bandwith, kebanyakan shared hosting memiliki batas bandwith perbulan dan WordPress Hosting Unlimited Bandwith.
Di karenakan kebanyakan Blogger belum mengetahui dampak negatif pada penggunaan Hotlik/Hotlinking pada Hosting mereka yang tidak memiliki Bandwith yang Unlimited, kita akan membahasnya, begitu juga dengan tutorail bagaimana cara mengaktifkan Hotlink Protection.
Apa itu Hotlink atau Hotlinking?
Hotlink atau Hotlinking adalah istilah yang digunakan di Internet. Hotlinking adalah ketika seseorang menggunakan link ke gambar yang disimpan pada situs web lain, bukan menyimpan salinan gambar pada website bahwa gambar akan ditampilkan pada website. Sebagai contoh, bukan menyimpan picture.gif dan loading pada situs mereka sendiri, orang yang menggunakan link ke gambar sebagai http://website.com/picture.gif. Hotlinking menggunakan badwith dari orang yang memiliki situs web di mana gambar disimpan. Inilah sebabnya mengapa banyak pemilik situs web menggunakan file htaccess. Dan mengupload ke website. Htaccess untuk mengganti hotlink terkait gambar dengan gambar ofensif untuk mencegah setiap pemilik website lain dari hotlink. Hal ini juga dapat digunakan untuk file dan link situs web.
Pencurian Bandwith atau hotlinking yang langsung menghubungkan ke file sebuah situs web (gambar, video, dll). Sebuah contoh, menggunakan tag image untuk menampilkan gambat JPEG Anda temikan pada halaman web orang lain sehingga akan muncul di situs Anda sendiri.
Bandwith mengacu pada jumlah data yang ditransfer dari situs web ke komputer pengguna. Ketika Anda menampilkan suatu halaman web, Anda menggunakan bandwith untuk menampilkan file. Karena biaya web hosting tergantung dengan jumlah data yang ditransfer, menjadi masalah untuk beberapa pengguna layanan hosting. Jika sebuah situ menggunakan bandwith bulanan, jika sudah melebihi limit penggunaan bandwith akan dimasukkan ke dalam tagihan pembayaran bulan berikutnya.
Sebuah analogi sederhana untuk pencurian bandwith : Bayangkan orang asing yang masuk ke outlet listrik Anda, menggunakan listrik Anda tanpa persetujuan Anda, dan Anda membayar untuk itu.
Oleh karena itu di beberapa Penyedia Layanan Hosting pada paket Shared-Hosting sudah ada yang mendukung fitur Anti-Hotlinking dan harganya pun berbeda dari Penyedia Layanan yang lain. Tapi jangan khawatir jika penyedia layanan hosting kalian tidak ada fitur Anti-Hotlinking, karena kalian bisa htaccess file untuk mencegah hotlinking, untuk mengganti gambar hotlinked dengan gambar ofensif untuk menghalangi setiap pemilik website lain dari hotlinking.
Manfaat Menggunaan Hotlink Protection
Mencegah pencurian gambar
Hotlink protection mempunyai fitur utama yaitu mencegah adanya pencurian gambar. Maksudnya, jika ada seseorang yang mengunjungi website Anda. Biasanya orang tersebut bebas mengcopy isi dari website. Terutama gambar Anda, jika Anda menggunakan fitur ini hampir semua gambar yang ada di website Anda tidak akan bisa diambil oleh siapapun tanpa izin Anda. Itupun jika Anda sudah mengizinkan, pengambilan gambar hanya bisa dilakukan lewat storage hosting.
Menghemat pengeluaran biaya
Jika gambar di website Anda tidak dapat dicuri, secara otomatis pengeluaran biaya untuk pembayaran hosting akan berkurang (Hanya berlaku untuk beberapa penyedia layanan yang menggunakan sistem bandwith perbulan/tidak unlimited). Kenapa bisa menghemat pengeluaran? Karena, jika seseorang melakukan hotlinking pada gambar anda dan menaruhnya di website/blog mereka dan gambar tersebut diload/dilihat oleh beberapa orang. Loading tersebut memakan bandwith dan bandwith yang digunakan bukanlah bandwith dari sang pemilik website, akan tetapi bandwith dari sang pemilik gambar. Sehingga menyebabkan bandiwth yang anda miliki terus berkurang meskipun tidak ada yang mengakses website anda dan jika sudah melebihi limit akan dimasukkan ke dalam tagihan penyewa hosting. Pastinya hal tersebut merupakan hal yang sangat menggangu untuk orang-orang yang masih masuk ke dalam kategori pemula.
Kerugian Bagi Para Pengguna Hotlinking (Pencuri Gambar)
Semua tindakan yang dilakukan di dunai internet pasti memiliki keuntungan dan kerugian. Pada bab kali ini, kami dari pihak jagoweb.com akan membahas mengenai “Dampak negatif bagi pengguna Hotlinking atau sang pencuri gambar”. Hotlinking adalah tindakan yang tidak terpuji, karena secara tidak langsung hotlinking sama juga dengan mencuri di dunia nyata. Bedanya hanya hotlinking dilakukan di dunia maya atau dunia internet.
Dampak negatif terbesar dari pencurian gambar adalah sang pencuri bisa terkena pelangaran hak cipta atau copyright. Di mana sanksi untuk pelanggar copyright sangat ketat. Mulai dari denda paling sedikit 1.000.000 hingga 5.000.000.000 dan juga penjara maksimal 7 tahun. Jadi peraturan mengenai pelanggaran hak cipta sangat ketat. Usahakan jika ingin mengcopy karya orang, ijin kepada pemilik terlebih dahulu, supaya tidak terjadinya pelanggaran hak cipta.
Tutorial Mengaktifkan Hotlink Protection
Setelah beberapa pembahasan mengenai Pengertian dan Manfaat menggunaka Hotlink, kita sampai pada pokok bahasan pada artikel ini, yaitu tutorial mengaktifkan Hotlink Protection pada cPanel. Dalam kasus ini, pengaktifan Hotlink sangat mudah, Anda tinggal masuk ke dalam cPanel website Anda yang dimaksudkan akan diaktifkan Hotlink Protection. Buat yang belum paham bagaimana cara masuk ke cPanel. Tinggal ketikkan “namadomainanda/cPanel” kemudian masukkan username dan password cPanel Anda, usahakan untuk copy + paste saja. Mengapa harus copy + paste? Untuk menghindari adanya kesalahan password. Karena jika password salah lebih dari 3X secara bertutur-turut. Pemilik website tidak akan bisa mengakses cPanel dari komputer yang digunakan untuk mengakses cPanel pada saat itu juga (Komputer yang digunakan untuk salah memasukkan password secara 3X berturut-turut)
Setelah username dan Password dimasukkan, silahkan tekan enter atau klik tombol “Log in”. Tunggu hingga loading selesai dan dashboard cPanel keluar.
Kemudian scroll ke bawah pada bagian Secutrity dan temukan fitur Hotlink Protection
Klik tombol Enable untuk mengaktifkan Hotlink protection
Sejak tombol “Enable” tersebut diklick, otomatis hampir semua gambar Anda yang ada di website sudah terlindungi dari adanya tindakan Hotlinking
Demikianlah artikel mengenai “Tutorial Mengaktifkan Hotlink Protection di cPanel”, satu pesan kami dari jagoweb.com. Usahakan sesegera mungkin untuk mengaktifkan hotlink protection supaya karya Anda terlindung dari pencurian karya dan usahakan jika ingin mengambil karya orang pastikan mendapatkan ijin dari sang pemilik supaya Anda terhindar dari pelanggaran hak cipta. Jadilah warga negara yang baik dan blogger yang memilik attitude yang sopan.

Sumber : https://www.jagoweb.com/hotlink-protection-melindungi-gambar-dari-pencurian/
Sign In or Register to comment.