Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Survey Nielsen Tentang Penggunaan Internet Menjadi Faktor Penting Berkembangnya Industri Kreatif



HYPERNET – Internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Berdasarkan kesimpulan dari lembaga survey Nilsen Consumer Media View yang dilakukan di 11 kota di Indonesia, selama bulan Februari hingga April 2017, penggunaan internet bukan hanya untuk komunikasi saja, melainkan juga untuk mengakses berbagai konten melalui media digital.

Dikutip dari media online, menurut Survey Nilsen, Internet memang masih berada di urutan 3. Penetrasi Televisi masih memimpin dengan 96 persen disusul dengan Media Luar Ruang (53%), Internet (44%), Radio (37%), Koran (7%), Tabloid dan Majalah (3%). Namun, survey Nielsen Cross-Platform 2017 itu menunjukkan terjadi peningkatan akses internet oleh netizen di hampir semua tempat. Mulai di Kendaraan Umum (53%), Kafe atau Restoran (51%), bahkan di acara konser (24%) pun mengalami peningkatan dalam jumlah akses media digital dibandingkan tahun 2015. Peningkatan juga terjadi untuk akses internet dari rumah dan tempat bekerja.

Apabila dikaitkan dengan industri kreatif tentu hasil survei ini menjadi faktor penting bagi industri mereka. Meningkatnya konsumsi media digital seakan memberikan nyawa baru dalam kehidupan perusahaan untuk bisa bersaing secara sehat. Adapun survey penggunaan internet yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia kini tampak semakin banyak konsumen yang menonton televisi dan menggunakan internet dalam waktu yang bersamaan atau biasa disebut sebagai dual-screen. Dimana kini Youtube atau video online sedang diminati para penikmatnya.

Meningkatnya penetrasi internet dan banyaknya variasi pilihan media digital berimbas pada maraknya para pelaku industri memproduksi berbagai jenis iklan secara online. Dalam Nielsen Cross Platform Report 2017, lebih dari 60 persen konsumen di kelompok usia 21-49 tahun seringkali melakukan pencarian lebih lanjut setelah melihat Iklan video online dan lebih dari 30 persen konsumen seringkali melakukan pembelian secara online.

Sebagian konsumen juga mengakui bahwa setelah melihat Iklan video online biasanya mereka akan melakukan kunjungan ke toko secara langsung dan peluang terjadinya pembelian pun cukup besar pada saat konsumen melakukan kunjungan ke toko (mencapai hingga 28% di kelompok usia 30-39 tahun).

Melihat kondisi yang ada sekarang ini, para pelaku industri perlu mempertimbangkan strategi atau media apa yang masih relevan dengan produknya sambil melihat sejauh mana metode pemasaran ini berkembang melalui platform digital yang ada. Namun, ada yang harus diperhatikan lebih penting sebelum menerapkan metode pemasaran ini, yaitu pengadaan jaringan internet yang stabil pada perusahaan untuk dapat bekerja dengan lancar, Karena itu, pelaku industri membutuhkan bantuan layanan Internet Service Provider Indonesia dalam penyedia jaringan internet yang lebih baik.

Source
Sign In or Register to comment.