Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Kabel Serat Optik Bawah Laut Proyek Palapa Ring Barat Resmi Dimulai



HYPERNET – Kementrian Komunikasi dan Informatika kembali melakukan pemasangan kabel optik bawah laut. Peresmian tersebut dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, pada Minggu kemarin (6/8) di atas kapal Limin Venture berjenis vessel.

Palapa Ring merupakan proyek pemerintah dalam melakukan penyebaran sert fiber nasional untuk penyebaran akses internet ke seluruh wilayah di Indonesia, baik itu Barat, tengah maupun wilayah Indonesia bagian Timur. Palapa Ring juga akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer. Sebelumnya, pemasangan kabel serat optik untuk jalur darat dipastikan telah rampung.

Adapun rencana pemerintah dalam menuntaskan proyek Palapa Ring adalah jaringan serat optik pita lebar yang berbentuk cincin yang mengitari tujuh pulau, yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua, serta delapan jaringan penghubung dan satu cincin besar yang mengelilingi Indonesia baik lewat dasar laut atau pun lewat daratan. Proyek Palapa ring sendiri dibagi menjadi tiga paket, yakni paket Barat, Tengah serta Timur. Dengan masing-masing paket memiliki wilayah dan anggaran yang bereda pula.

Dikutip dari salah satu media Nasional, tujuan utama dari Palapa Ring adalah membuat biaya di operator selular, fixed broadband dan internet service provider Indonesia secara umum menjadi lebih murah yang pada akhirnya, pelanggan juga yang bisa menikmati murahnya biaya internet atau pun komunikasi lainnya. Bukan hanya itu, hadirnya Palapa Ring juga diharapkan akan memberikan peluang bisnis baru bagi industri UKM di pelosok daerah, Internet Service Provider dapat melebarkan sayapnya ke penjuru daerah, serta dapat juga meningkatkan taraf hidup masyarakat lewat kegiatan ekonomi digital.

Pada peresmian Pala Ring Barat, tahap satu dari penggelaran kabel serat optik yang memiliki panjang kabel kurang lebih 1.242 km, meliputi segmen Tanjung Bembam Batam – Tarempa (sepanjang 369 km); segmen Tarempa – Ranai (322 km); segmen Ranai – Singkawang (352 km); dan segmen Sekanah Daik Lingga – UQJ Bintan Tanjung Bembam (199 km). sedangkan tahap 2 dilanjutkan pada segmen Batam – Karimun – Tebing Tinggi – Bengkalis – Siak, serta segmen Daik Lingga – KualaTungkal. Ditargetkan Pala Ring Barat tahap dua pada akhir September tahun ini.

Source
Sign In or Register to comment.