Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Ini Dia 5 Manfaat Investasi Emas Di Zaman Serba Sulit

Investasi kembali menjadi salah satu hal dalam sektor finansial yang paling menarik untuk dibahas. Terlebih investasi memang penting untuk kepentingan di masa depan. Jika membaca atau mendengar kisah sukses orang-orang yang berkutat di dalamnya, tentu saja membuat siapa saja tertarik untuk melakukan investasi. Termasuk salah satunya adalah investasi emas. Sebenarnya emas pernah menjadi primadona dalam hal investasi. Jaman dahulu, orang-orang lebih menyukai menyimpan emas daripada uang di rumah. Seiring berkembangnya zaman, kita dapat invest emas di lembaga-lembaga keuangan/perbankan yang ada. Tak hanya mudah, ternyata ada beberapa kelebihan atau manfaat dari berinvestasi dengan emas:

1. Nilai emas lebih mudah dicairkan.
Jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya seperti saham, reksadana, deposito, forex dan lain sebagainya, investasi dengan emas merupakan investasi yang sangat liquid. Artinya, jika Anda memerlukan dana dalam jumlah yang besar dan waktu yang singkat untuk keperluan yang mendesak, Anda dapat dengan mudah menjual emas investasi Anda atau menggadaikannya di lembaga pegadaian. Sangat berbeda juga dengan investasi properti yang membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa cair karena harus menunggu pembeli.

2. Bebas pajak, tahan inflasi.
Manfaat atau kelebihan lain dari investasi dengan emas adalah fakta bahwasanya emas merupakan aset bebas pajak. Pengecualian emas tidak dikenakan pajak ini sudah berdasarkan keputusan oleh Dirjen Pajak Nomor 15/PJ/2011. Dengan adanya keputusan tersebut, membuat berapapun jumlah maupun berat emas yang Anda miliki maupun investasikan tidak ada pengenaan pajak sama sekali. Hal ini dikarenakan emas masih dianggap sebagai komoditi produksi. Investasi emas juga sangat menguntungkan karena emas tahan terhadap guncangan inflasi. Jadi harga emas akan lebih cenderung naik atau nilainya bertambah bahkan di atas rata-rata inflasi.

3. Emas melindungi kekayaan Anda.
Masih berkaitan dengan poin nomor bahwa investasi dengan emas juga akan melindungi kekayaan yang Anda miliki karena harga emas cenderung mengalami kenaikan di atas rata-rata inflasi setiap tahunnya. Kenaikan yang cukup tinggi ini akan membuat Anda terhindari dari inflasi yang jahat dan merusak. Selain itu, harga emas biasanya menggunakan kurs US Dollar sehingga mengindikasikan jika kurs naik, maka harga emas juga saja ikut naik, begitu juga sebaliknya. Namun tak perlu khawatir, jika melihat kondisi pasar saat ini, harga emas cenderung stabil.

4. Ada banyak jenis emas yang dapat diinvestasikan.
Tak hanya terbatas pada emas batangan saja yang dapat Anda investasikan, melainkan juga emas perhiasan dan juga emas koin. Bahkan saat ini lembaga pegadaian milik pemerintah membuka kesempatan Anda untuk berinvestasi dengan emas melalui produk tabungan emas yang mereka tangani. Dengan adanya tabungan investasi semacam ini memudahkan Anda untuk ikut invest emas tanpa harus keluar uang banyak. Yang terpenting adalah memilih lembaga investasi yang terpercaya dan tanpa harus mengganggu kebutuhan pokok yang lainnya.

5. Tahan korosi dan bisa dijadikan jaminan.
Manfaat lain dari invest emas adalah ketahanannya terhadap korosi/karat sehingga tidak memerlukan perawatan khusus agar tidak mengalami hal tersebut ataupun rusak. Meski demikian untuk membuatnya cemerlang dan tidak kusam lagi memang membutuhkan penanganan khusus. Berbeda dengan surat-surat berharga maupun uang kertas yang mudah rusak atau hilang. Terakhir, yang tidak kalah penting adalah dengan investasi emas batangan, Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu agunan atau jaminan untuk pengajuan pinjaman kapanpun Anda butuhkan.
Sign In or Register to comment.