Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Aplikasi Pertokoan "MiniMart" (gratis sepenuhnya & open source)

Aplikasi Pertokoan "MiniMart"


# Pengembang :
KK-Software (Makassar, Indonesia) (^ o ^).


# Lisensi :
Aplikasi ini gratis sepenuhnya & bersifat open source. Anda dapat me-"modifikasi ulang program ini", dan mendistribusikan hasil "modifikasi ulang program ini" yang telah anda buat secara bebas tanpa perlu memperoleh ijin dari pengembangnya.


# Download di sini :
http://helloyud.blogspot.co.id/2016/12/aplikasi-pertokoan-minimart.html


# Motivasi Pengembangan Aplikasi :

---- Latar Belakang ----
Pengembang juga memiliki sebuah toko yang berjualan alat-alat listrik. Jenis barang yang dijual di toko milik pengembang cukup banyak, sekitar ratusan jenis. Pada saat mengecek stok barang, pengembang mengalami kesulitan karena lokasi penyimpanan barang yang cukup acak-acakan, juga jenis barang tertentu bisa saja luput dari pengecekan stok barang karena jenis barang tersebut tidak memiliki penyimpanan tetap dan stoknya benar-benar habis.
Berbekal pendidikan komputer yang telah pengembang lalui di sebuah perguruan tinggi komputer di Makassar (STMIK Kharisma Makassar), akhirnya pengembang dengan berat hati dan juga dengan senang hati (berat hati karena tahu bahwa untuk mengembangkan suatu software dibutuhkan pengorbanan waktu, pikiran, dan fisik (khususnya mata) yang berat; senang hati karena pengembang cukup senang dengan aktivitas membuat koding) memutuskan untuk membuat sebuah aplikasi sederhana yang dapat dipakai untuk kebutuhan toko milik pengembang. Pengembangan aplikasi dimulai sejak bulan Juli 2016 hingga bulan Desember 2016, dan berlanjut dengan penyempurnaan (perbaikan bug dan penambahan fitur) hingga bulan Maret 2017, jadi kalau diakumulasikan sekitar 7 bulanan. Akhirnya jadilah aplikasi "MiniMart" sebagaimana yang pembaca sedang simak sekarang.
Aplikasi "MiniMart" tidak mengakomodasi mengenai kas keuangan dan hanya fokus kepada administrasi stok barang. Tapi, kita boleh juga memantau mengenai kas keuangan (secara manual) dengan cara mengecek transaksi-transaksi yang terjadi dalam kurun waktu tertentu dan mencatat berapa kas masuk dan kas keluar dari transaksi-transaksi tersebut. Selain untuk melakukan administrasi stok barang, aplikasi "MiniMart" juga dapat kita gunakan untuk kebutuhan lain, seperti:
mendata harga modal dan harga jual dari sebuah barang.
mendata relasi-relasi kita (seperti alamat dan kontak dari pelanggan, distributor, keluarga, dan teman-teman).
boleh untuk buat katalog gambar barang.
Ya, sekian dulu pembahasan mengenai fitur-fitur aplikasi "MiniMart", untuk tahu fitur selengkapnya, dapat dibaca pada bagian "# Fitur-Fitur" selanjutnya di bawah ini.

---- Tujuan Dan Harapan ----
Pengembang mendistribusikan aplikasi ini secara gratis sepenuhnya (full versi, tanpa masa trial, dan tidak berbayar) dengan tujuan untuk membantu usaha-usaha kecil (UKM) agar dapat berkembang lebih baik lagi dan dapat bersaing dengan usaha-usaha besar lain yang telah maju. Saat ini, pengembang mengamati bahwa persaingan usaha terjadi secara tidak sehat, yaitu usaha-usaha kecil tidak mampu bersaing dengan usaha-usaha besar sehingga usaha-usaha besar dengan segala kelebihannya dapat memonopoli perekonomian dan pada akhirnya mematikan usaha-usaha kecil.
Pengembang tahu bahwa penggunaan teknologi komputerisasi untuk menjalankan sebuah usaha memiliki sisi positif karena pemilik usaha dapat dengan mudah mengelola usahanya, akan tetapi penggunaan teknologi komputerisasi untuk menjalankan sebuah usaha juga memiliki sisi negatif yang dapat berdampak luas dalam masyarakat, yaitu:
  • Jika pemilik usaha memanfaatkan teknologi komputerisasi untuk melakukan monopoli usaha (konkritnya pemilik usaha meng-komplit-kan semua jenis barang yang dijualnya dan menarik hampir semua pembeli untuk berbelanja di tokonya sendiri sehingga toko-toko lain menjadi sepi pengunjung).
  • Pemanfaatan teknologi komputerisasi memungkinkan terjadinya pengurangan tenaga kerja di sebuah tempat usaha. Contohnya, sebelum menggunakan komputerisasi (manual), sebuah toko mempekerjakan 4 orang pegawai, namun setelah menggunakan komputerisasi, sebuah toko hanya mempekerjakan 3 orang pegawai (berkurang 1 pegawai / tenaga kerja).
Harapan pengembang adalah:
  • Semua para pelaku usaha (baik besar maupun kecil) dapat menahan diri (atau membatasi diri) untuk tidak melakukan monopoli usaha (dalam artian menjadi pusat perbelanjaan dan mematikan usaha-usaha orang lain), tetapi mau merugi (tidak menjadi pusat perbelanjaan agar pembeli dapat juga berbelanja di toko-toko milik orang lain) dan memperhatikan kelangsungan dan kelancaran usaha orang lain sehingga kita semua dapat sejahtera secara bersama-sama dan kelangsungan usaha kita semua dapat terus berjalan secara bersama-sama.
  • Pemanfaatan teknologi komputerisasi tidak menyebabkan terjadinya pengurangan tenaga kerja. Kita sebagai sesama manusia harus saling menopang satu sama lainnya, dan dalam hal ini (dalam hal usaha), kita dapat mengaplikasikannya dengan cara mempekerjakan sebanyak mungkin tenaga kerja sesuai dengan kemampuan kita sebagai pemilik usaha.

# Fitur-Fitur:
---- Barang ----
Pendataan barang : ket. umum (harga beli dan jual, stok, stok minimal, keterangan tambahan), daftar gambar, dan daftar suplier.
Pencetakan laporan barang dan katalog gambar barang.
---- Subjek ----
Pendataan subjek : daftar alamat, daftar kontak, dan daftar barang yg di-suply.
Pencetakan laporan subjek.
---- Transaksi ----
Pendataan transaksi : ket. umum (tanggal, subjek, sales, lama kredit), daftar barang masuk, daftar barang keluar, dan daftar pembayaran kredit.
Mendukung penginputan dari peralatan barcode & pencetakan nota pada saat melakukan transaksi.
Pencetakan laporan transaksi.
---- User ----
Mendukung multi user dan pengaturan hak akses utk masing-masing user, contohnya pemilik toko dapat menginput segala jenis data sedangkan kasir hanya dapat menginput data transaksi saja.
---- Backup Data ----
Mendukung kebutuhan backup dan restore data dari file.
---- Lainnya ----
Mendukung multi akses (aplikasi dapat digunakan pada beberapa komputer di suatu saat secara bersamaan).


# Screen shoot:

---- Form Utama ----





---- Barang ----





---- Subjek ----






---- Input Transaksi Baru ----





---- Lihat Transaksi ----

Sign In or Register to comment.