Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Dasyatnya Inbound Marketing Untuk Bisnis

Sejenis apa itu Istilah Inbound Marketing
Inbound Marketing Produk


Inbound Marketing Produk

Inbound marketing produk baik produk online ( klik disini lapaklarismanis.com ) maupun ofline baru dikenal semenjak tahun 2006 dan semakin terkenal di masa serba digital ini.

Sedangkan bentuk marketing konservartif atau konvensional biasa disebut outbound marketing produk semakin kurang efektif serta dianggap membuat tidak nyaman calon konsumen. Penayangan Iklan di media masa seperti di Televisi, surat kabar, majalah, serta media lainnya seringkali tak disukai banyak orang sehingga makin besar konsumen yang mulai tidak peduli lagi dengan model pemasaran seperti ini.

Melihat persoalan itu, metode inbound marketing produk menjadi salah satu solusi yang amat efektif digunakan terlebih lagi untuk poduk online. Jadi apa itu istilah inbound marketing produk?

Perbedaan Istilah Outbound serta Inbound Marketing Produk

Outbound marketing biasa disebut juga pemasaran konservartif / konvensional memiliki kelemahan yang cukup besar. Seorang marketer “mengganggu” aktivitas calon pembeli dengan tayangan iklan, kiriman email, bahkan deringan telepon dengan tidak memperhatikan kenyamanan mereka.

Teknik outbound marketing produk

Cara outbound marketing biasanya dilakukan dengan teknik menjangkau calon konsumen aktif keluar (outbound) dengan melalui media. Beberapa media yang sering digunakan di antaranya yaitu iklan televisi, surat konvesional, Koran, serta telepon.

Dengan mengunakan cara tersebut biasanya ada 3 (tiga) kelemahan dasar dalam menerapkan outbound marketing:

Pertama, Dalam penerapannya dilapangan biasanya kita secara aktif mengincar semua orang sampai-sampai yang belum siapun kita prospek untuk menjadi konsumen.

Kedua, kebanyakan orang akan merasa terganggu dalam menjalankan prosesnya sehingga justru dapat mengalami penolakan-penolakan yang justru akan berakibat buruk pada produk dan perusahaan kita.

Ketiga, untuk menggunakan media marketing itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Teknik Inbound Marketing Produk

Cara inbound marketing produk atau dengan kata lain ‘pemasaran masuk’ ini beda 180 derajat bertentangan jika dibandingkan dengan cara outbound marketing yang konservatif / konvensional.

Kalau Outbound Marketing menitik beratkan dengan melakukan jangkauan ke luar, teknik inbound marketing produk justru sebaliknya memikat agar calon pembeli dengan senang hati “melihat ke dalam produk yang kita tawarkan” tanpa adanya unsur pemaksaan.

Yuk kita lihat pengertiannya:

Inbound marketing produk ialah strategi pemasaran kontemporer dimana kita berusaha agar calon pembelilah yang terpikat ingin mencari kita. Hal Ini dilakukan memakai cara dengan menyajikan konten-konten yang bisa menarik perhatian serta memotivasi mereka untuk menjadi pembeli.

Inbound marketing terutama klik disini produk online (klik disini) lebih berfokus dalam menyediakan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi calon pembeli.

Dengan cara menyediakan konten yang berkualitas, calon konsumen bakal tertarik dengan manfaatnya. Metode ini terjadi secara apa adanya tanpa mengganggu aktivitas calon konsumen tersebut. Dampaknya sangat positif karena akhirnya calon-calon konsumen ini ada kemungkinan untuk menjadi konsumen tetap.

Inbound marketing produk searah dengan teknologi di masa digital karena dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan fasilitas serta cara membuat artikel yang bermanfaat seperti di Blog, Sosial Media, WordPress, Mesin Pencarian Marketing, Konten Marketing,Surat Elektronik atau Email Marketing, dan lain sebagainya.

Di tambah lagi dengan melihat kebiasaan calon konsumen era kini yang banyak menggunakan internet serta mesin pencari buat mendapatkan informasi. Itulah sebabnya inbound marketing menjadi cukup popular, Jika kita bandingkan dengan pemasaran konservatif / konvensional, cara ini lebih efesien, efektif, tepat sasaran, terukur, serta hemat biaya.

Metodologi Inbound Marketing Produk

Kiat dari inbound marketing produk terletak dari metodologinya. Menurut HubSpot, terrdapat 4 (empat) tahapan dalam inbound marketing produk untuk mengubah strangers (orang asing) dari bukan hanya menjadi customers (pelanggan) tapi jauh lebih dari itu yaitu promoters (Promotor) yang secara langsung maupun tidak akan mempromosikan produk online (klik disini) kita.
Inbound Marketing Produk



Inilah cara dan media yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan penjualan:

a.Surat elektronik atau email serta kontak yang sejenis (WhatsApp. Line, Messenger dan lain sebagainya)

b. Untuk calon konsumen yang belum begitu tertarik untuk berinteraksi akan produk online kita, segera kirimkan beberapa pesan dengan menggunakan email serta kontak yang sejenis (WhatsApp. Line, Messenger dan lain sebagainya) untuk meningkatkan keyakinan dari mereka. Pesan yang kita kirimkan harus tetap mempunyai manfaat.

c. Marketing Automation. Proses pesan berupa email serta kontak yang sejenis (WhatsApp. Line, Messenger dan lain sebagainya) bisa dilaksanakan secara otomatis dengan mengunakan aplikasi semacam email marketing autoresponder.

Delight

Bila seseorang sudah menjadi konsumen kita, bukan berarti metodenya sudah selesai. Mereka yang senang dan puas dengan pelayanan kita bisa jadi bakal memberikan masukan yang bermanfaat, mengimformasikan kelemahan produk kita atau bahkan mempromosikan pelayanan kita kepada orang lain, karena itu dalam konten kita perlu adanya kolom komentar yang berguna untuk mengevaluasi pelayanan kita.

Penutup

Inilah cara melakukan marketing di masa masyarakat digital yang tidak mengusik kenyamanan dan privasi orang lain, tetapi malah memberikan manfaat bagi banyak orang.

Prinsip dasar dari inbound marketing adalah menjadikan diri kita mudah serta menarik untuk ditemukan oleh banyak orang. Dengan cara ini, kita bisa menciptakan sebuah website menjadi mesin marketing yang sangat luar biasa tanpa harus menjalankan aktivitas luar ruangan.
kunci-ingris


Kunci Ingris (Multi Fungsi)

Demikian sharing mengenai Outbound dan Inbound Marketing Produk Online (klik disini) semoga dapat bermanfaat bagi kita.

Anda boleh share jika artikel ini bermanfaat !

Untuk artikel keren lainnya

Dapat langsung klik yukbisnisonline (GRATIS)
Sign In or Register to comment.