Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Mengenal eSIM. Si Canggih Calon Pengganti SIM card di Handphone Kamu

edited July 2015 in Berita IT
Pertanyaan besarnya: Apa itu eSIM?

Dilaporkan bahwa baru-baru ini, apple dan Samsung sedang melakukan negosiasi dengan para provider jaringan selular untuk menggunakan standar baru dalam penggunaan kartu SIM mereka. Diwartakan, kedepannya, perangkat elektronik baru nantinya tidak memerlukan penggunanya untuk mengganti-ganti lagi kartu SIM lagi, karena keberadaan kartu SIM menjadi sesuatu yang tidak mutlak. SIM Card akan digantikan oleh sebuah perangkat chip dengan nama eSIM yang sudah terintegrasi langsung di dalam telepon atau tablet kamu.

Bagaimana cara kerjanya? Bayangkan sebuah chip di dalam smartphone kamu yang akan bertindak selayaknya sebuah SIM card biasa, tapi tidak bisa digonta-ganti. Lantas, jika kamu mau mengganti nomor atau layanan, semisal dari Telkomsel ke Indosat, kamu cukup menelpon suatu nomor, dan nantinya otomatis nomor kamu akan langsung terganti. Bisa dibilang, semacam SIM Card universal.

Keuntungan dari teknologi ini adalah kamu tidak perlu susah payah membuka handphone kamu untuk mengganti SIM Card, dan mengganti nomor tidak memerlukan waktu yang lama, atau di skenario yang lain, akan mengurangi keribetan kamu yang kehilangan handphone, dan harus mengurus nomor baru lagi di tempat layanan operator. Keuntungan yang paling kentara adalah kita bisa mengupgrade paket. Contohnya, bagi kamu yang menggunakan kartu langganan dan mau mengupgrade plan dari 3G ke 4G demi mengupload gambar selfie dengan ukuran 13 megapiksel (please, don’t…), itu semua bisa dilakukan tanpa kesusahan berarti.

Sumber berita: pocket-lint

Sumber tulisan blog akugeek: http://akugeek.com/mengenal-esim/


Tanggapan

  • edited April 2016
    Sebentar lagi dunia bakalan mirip film Kingsman The Secret Service deh :D
    Semua orang bakalan gila dan saling pukul 1 sama lain :D

    Salam,
    Dearen
  • makin ribet aja banyak jenisnya, udah micro, nano, sekarang muncul e-sim. tapi bagus juga sih esim bisa menghemat ruang di dalam smartphone, sehingga smartphone bisa lebih compact lagi.

    Tapi persoalannya jika ke blokir itu yg bakalan ribet ngurusnya, ga sekedar copot dan ganti. padahal alasan ke blokir kan bisa beragam, misal lupa perpanjang di masa tenggang krn ditunda2 dan ga sempet (pengalaman pribadi)
  • ane gk setuju, secara ane sukanya beli paketan internet kartu perdana  :)) ;)) ;))
Sign In or Register to comment.