Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Memunculkan menu untuk modus Hibernate di Ubuntu 12.04

Secara default, pada ubuntu 12.04 menu untuk modus hibernasi tidak ada di panel kickoff application launcher. Penghilangan menu hibernasi di ubuntu ini bukan karena tanpa sebab, tetapi lebih dikarenakan banyaknya kejadian dimana proses hibernasi tidak berjalan sempurna sehingga menyebabkan user kehilangan data. Sehingga oleh developer Ubuntu, modus hibernasi ini tidak dimunculkan secara default.

Proses hibernasi merupakan proses menyimpan kondisi sebuah sistem operasi pada suatu titik dimana semua aplikasi aktif dan data yang ada pada titik tersebut disimpan di harddisk, dan setelah proses penyimpanan tersebut selesai power komputer akan dimatikan. Kondisi tersebut akan sama seperti kondisi saat kita mematikan atau melakukan shutdown komputer. Nah, manfaat dari hibernate adalah pada saat komputer dihidupkan kembali, kita bisa mendapatkan kembali kondisi sistem operasi tersebut sesuai dengan kondisi terakhir saat sebelum melakukan hibernasi.

Selain modus hibernasi, ada juga modus stand by atau sleep mode. Modus ini berbeda dengan modus hibernasi dalam hal pemanfaatan sumber daya listrik dan model penyimpanan data serta aplikasinya. Modus stand by atau sleep mode biasanya menyimpan data dan aplikasi aktif pada suatu titik di dalam RAM atau memori yang mengakibatkan dibutuhkannya sedikit sumber daya listrik untuk menjaga data yang ada di RAM agar tidak hilang. Makanya bila kita lihat lampu indikator sumber daya di laptop pada saat modus stand by atau sleep mode aktif, lamput indikator tersebut akan berkedip-kedip dalam rentang waktu tertentu. Ini dikarenakan, yang dimatikan hanya fungsi pemrosesannya saja, tetapi fungsi RAM tetap aktif sehingga tetap membutuhkan daya meskipun kecil. Dan perlu diingat juga bahwa sifat dari RAM adalah folatil atau saat tidak ada daya yang bekerja di RAM, data yang disimpan akan hilang.

Nah... untuk memunculkan menu modus hibernasi di ubuntu 12.04 tidak terlalu sulit, tetapi yang pertama kali harus dilakukan adalah melakukan uji coba modus hibernasi tersebut untuk memastikan bahwa saat komputer dihidupkan ulang, tidak ada data ataupun aplikasi yang rusak atau hilang. Langkah untuk menguji coba hibernasi seperti berikut ini.
  1. Aktifkan sebuah aplikasi, ex. libreoffice writer dan ketikan beberapa kalimat sembarang dan jangan disimpan ataupun ditutup aplikasinya.
  2. Buka konsole / terminal.
  3. ketikan
    sudo pm-hibernate
    dan isikan password.
  4. Biarkan proses hibernasi berjalan sampai komputer benar-benar mati.
  5. Hidupkan kembali komputer
Bila hasil dari langkah diatas adalah persis sama seperti saat sebelum melaksanakan perintah pm-hibernate di konsole maka bisa disimpulkan bahwa modus hibernasi di komputer Anda berjalan dengan sempurna.
Langkah selanjutnya adalah menambahkan sebuah seting di policykit supaya secara otomatis ubuntu 12.04 akan mengaktifkan kembali menu modus hibernasi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini.
  1. Buka konsole/terminal.
  2. Ketikan
    sudo nano /etc/polkit-1/localauthority/50-local.d/com.ubuntu.enable-hibernate.pkla
    (teks editor yang digunakan bebas, dalam contoh ini menggunakan teks editor nano).
  3. Ketikan baris perintah berikut ini di dalam teks editor
    [Re-enable hibernate by default]
    Identity=unix-user:*
    Action=org.freedesktop.upower.hibernate
    ResultActive=yes
  4. Simpan dengan menekan tombol CTRL+O dan tekan tombol enter
  5. Keluar dari teks editor nano dengan menekan tombol CTRL+X
Langkah terakhir adalah melakukan reboot komputer Anda dan setelah masuk ke dalam window manager yang digunakan, perhatikan pada bagian atau lokasi yang terdapat tombol modus shutdown. Akan muncul sebuah tombol baru berupa pilihan hibernate (lihat gambar dibawah).

hibernate menu

Selamat mencoba.....
Sign In or Register to comment.