Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Instalasi font di Kubuntu 12.04

Tulisan kali ini akan membahas bagaimana menambah jenis font yang terdapat di Kubuntu 12.04 dan pastinya ini juga dapat dilakukan di distribusi ubuntu 12.04 dengan menyesuaikan aplikasi yang ada.
Ubuntu 12.04 sudah hadir beberapa waktu yang lalu, dan memberikan banyak hal kepada usernya, tetapi tetap saja masih ada yang belum cukup bagi user yang sering melakukan kegiatan desain ataupun tulis menulis. Salah satunya adalah menambahkan font baru ke kumpulan font yang sudah ada di ubuntu. 

Sebagai contoh pada tulisan ini, digunakan ubuntu 12.04 dengan window managernya KDE. Untuk melakukan penambahan font di Kubuntu, tidak terlalu sulit dan ribet. Langkah pertama adalah mendapatkan font yang diinginkan untuk ditambahkan ke dalam kumpulan font yang ada. Salah satu web yang menyediakan kumpulan font yang bebas untuk digunakan adalah webpagepublicity atau fonts2u.com. Berkunjunglah ke web tersebut untuk mendapatkan font tambahan. Kemudian ikuti langkah berikut ini untuk menambahkan font yang baru.

1. Klik Kickoff Application Launcher dan ketikan font pada kotak isian yang ada di bawah sehingga muncul semua aplikasi yang memiliki kata font (lihat gambar dibawah)

font manager

 dan pilih font management yang akan mengaktifkan aplikasi tersebut seperti tampilan dibawah ini.

first look of font manager

2. Klik tombol Add yang ada di bagian bawah sehingga memunculkan sebuah kotak dialog yang dapat digunakan untuk menambahkan font yang diinginkan. (lihat gambar dibawah)

install font

Adding font dialog
3. Cari letak dimana Anda menyimpan font yang akan ditambahkan ke kumpulan font yang ada di sistem Anda, sebagai contoh di tulisan ini akan ditambahkan font yang bernama UniversElse-Reguler dan berlokasi di direktori Downloads/font/UniversElse (lihat gambar) dan pilih file UniversElse-Reguler.ttf. Kemudian klik tombol Open.

choose font

4. Sebuah kotak dialog akan muncul sebagai konfirmasi apakah font yang baru ini akan ditambahkan hanya untuk user yang aktif saja atau dijadikan satu pada sistem ubuntu sehingga dapat digunakan juga untuk user-user lain di komputer tersebut (lihat gambar dibawah). Penulis memilih pilihan untuk meletakan font pada system sehingga penulis melakukan klik pada tombol System.

install font dialog

Setelah melakukan instalasi font, hasil dari instalasi dapat dilihat pada font management yang sudah menampilkan daftar font dengan urut abjad (lihat gambar dibawah).

finish

Selamat mencoba.....
Sign In or Register to comment.