Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Bagaimana membebaskan spasi harddisk yang tidak terpakai di VDI

Tulisan kali ini akan membahas tentang bagaimana melakukan 'free-up' / membebaskan spasi hardisk yang tidak terpakai yang ada di hardisk virtual dari virtualbox (VDI).

Sebelum melakukannya, pada tulisan ini lingkungan kerja yang dipakai adalah sebagai berikut:
  1. Host OS nya adalah Linux (tidak terbatas pada salah satu distro)
  2. Guest OS nya adalah Windows 7
Ada kalanya kita memerlukan langkah ini untuk memastikan bahwa image disk dari virtualbox yang kita gunakan tidak membengkak tak terkendali. Nah, untuk mengatasi hal ini ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Ikuti tulisan dibawah untuk melakukan pembebasan / free-up spasi hardisk virtual yang tidak terpakai.

1. Download tools sdelete.exe dari link ini
2. Masukkan tools sdelete ke dalam sistem operasi guest (windows 7). Untuk memasukkan tools ini ke dalam sistem operasi guest dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu melalui USB flash drive dari host ke guest atau dengan menyediakan sebuah direktori dari host yang di share dengan guest. Pada tulisan kali ini penulis memanfaatkan cara yang kedua, yaitu menyediakan sebuah direktori sebagai tempat sharing antara host dan guest. Direktori tempat sharing antara host dan guest bernama VBoxShare.
3. Aktifkan emulator Virtualbox dan jalankan emulasi Windows 7
4. Setelah Windows 7 berjalan dengan sempurna dan Anda sudah dapat masuk ke desktop dari windows 7, jalankan Windows Explorer dan perhatikan pada panel sebelah kiri di item Computer. Pada panel tersebut, direktori sharing akan tampak seperti direktori sharing antar windows (lihat gambar dibawah).
Window Explorer
5. Klik direktori sharing tersebut sehingga tampak perubahan pada panel sebelah kanan yang menampilkan daftar file dan direktori yang terdapat di direktori sharing tersebut. Pilih sdelete.zip dan copy ke direktori Downloads yang biasa digunakan untuk menyimpan hasil download file di windows 7 dan ekstrak file tersebut.
6. Buka / aktifkan command prompt lewat Start -> All Programs -> Accessories -> Command Prompt, dan pindah ke direktori Downloads dengan perintah cd Downloads
7. Jalankan tool sdelete dengan mengetikan perintah sdelete -c sehingga sdelete akan berjalan seperti gambar dibawah ini. Tunggu beberapa saat sampai program selesai dijalankan dan kembali ke prompt.
hasil program sdelete
8. Langkah selanjutnya adalah mematikan emulasi windows 7 dan kemudian buka konsole / terminal di linux Anda.
9. Masuk ke direktori tempat file VDI dari windows 7 tersimpan dan jalankan perintah VBoxManage modifyhd --compact <nama file VDI> (lihat gambar dibawah)
proses compact
10. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Sampai disini proses 'free-up' selesai. Hasil yang didapat, bila pada guest os windows 7 terdapat spasi harddisk yang seolah-olah terpakai tetapi sesungguhnya tidak terpakai maka kita akan memperoleh spasi tersebut kembali dengan perubahan nilai 'free space' dari harddisk yang dipakai.

Selamat mencoba.....
Sign In or Register to comment.