Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Mengubah ukuran virtualbox harddisk

Tulisan ini berkaitan dengan apa yang dialami penulis baru-baru ini. Penulis mencoba melakukan instalasi program mathlab pada sistem operasi windows 7 yang berjalan dengan bantuan emulator virtualbox. Ternyata kapasitas harddisk dari mesin virtual untuk sistem operasi windows 7 yang semula adalah 20 GB sekarang tinggal 5 GB sedangkan program yang akan diinstal membutuhkan kapasitas hardisk 7 GB. Sehingga penulis memutuskan untuk mengubah ukuran disk yang digunakan dari 20 GB menjadi 30 GB.

Dari masalah ini, penulis mulai mencari tahu apakah ada cara untuk melakukan perubahan ukuran hardisk dari mesin virtual. Ternyata proses untuk melakukan perubahan ukuran disk bagi mesin virtual khususnya yang berjalan dengan memanfaatkan emulator virtualbox mudah sekali untuk di lakukan. Hal yang perlu di perhatikan dalam mencoba tutorial di tulisan ini adalah
  1. Virtualbox yang digunakan minimal versi 4.0
  2. Host nya adalah Linux
  3. Guest nya adalah Windows 7
  4. Tipe disk untuk virtualisasi bagi guest adalah dynamic size
Langsung saja kita bahas bagaimana melakukan perubahan ukuran disk / partisi dari mesin virtual tersebut. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.
1. Buka konsole / terminal
2. Cari dan masuk ke lokasi tempat file .vdi yang akan diubah ukurannya (ex. VirtualBox VMs/Windows 7 Ultimate/)
3. Ketikkan perintah VBoxManage modifyhd <nama file vdi> --resize seperti tampak pada gambar dibawah ini.

proses resize vdi
4. Tunggu beberapa saat sampai proses berhenti dan kembali ke prompt. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan virtualbox dan jalankan sistem operasi windows 7 yang ada di daftar.
5. Setelah tampilan desktop dari windows 7 tampil, aktifkan program Computer Management melalui control panel dan pilih disk management seperti pada gambar dibawah.

Disk management
6. Klik kanan di panel dibawah yang terdapat tulisan Disk0 pada kotak yang mewakili kondisi partisi aktif sekarang (lihat gambar dibawah) sehingga muncul sebuah pop-up window yang terdapat beberapa menu dimana salah satunya adalah extent volume.
Disk management 02
7. Klik menu Extent volume yang muncul dari langkah nomor 6, sehingga secara otomatis sistem operasi windows 7 akan membuka jendela baru yang menunjukan bahwa terdapat sebuah spasi kosong yang bisa dipakai untuk melebarkan volume. Klik tombol next dan tunggu sampai proses perluasan volume selesai. Proses ini tidak memakan waktu lama, hanya beberapa detik saja dan hasil akhir dari proses ini tampak seperti gambar dibawah ini.
Hasil extent volume

Sampai disini proses perluasan volume atau penambahan ruang kosong hardisk bagi sistem operasi windows 7 yang berjalan dengan bantuan emulator virtualbox selesai. Biar lebih yakin, apakah benar terjadi penambahan ruang kosong hardisk, lakukan langkah berikut ini.
1. Aktifkan Windows Explorer
2. Pilih / klik item Computer yang ada di panel Files sehingga tampak seperti gambar dibawah ini.

space bertambah

Perubahan ukuran disk juga dapat dilihat lewat aplikasi virtualbox seperti gambar dibawah ini.
tampilan di virtualbox

Nah, sekarang spasi hardisk yang tersisa di sistem operasi windows 7 yang teremulasi bertambah 10 GB dan bisa dipakai penulis untuk melakukan instalasi mathlab.

Selamat mencoba.....
Sign In or Register to comment.