Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Instalasi extension pack virtualbox

Virtualbox extension pack adalah semacam add-on bagi virtualbox untuk memberikan tambahan kemampuan kepada virtualbox karena di paket software yang dapat di unduh tidak memiliki beberapa kemampuan tambahan seperti tambahan kemampuan untuk peralatan USB 2.0, fungsi RDP yang lebih baik, dan kemampuan booting dari kartu jaringan dengan memanfaatkan PXE.

Proses instalasi virtualbox extension pack dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu dengan memanfaatkan tampilan grafis dari aplikasi virtualbox dan yang kedua adalah dengan memanfaatkan perintah VBoxManage yang dijalankan lewat konsole / command line.
Pada tulisan ini kita coba dahulu cara yang pertama, yaitu memanfaatkan tampilan grafis dari aplikasi virtualbox dan asumsinya file extension pack virtualbox sudah dimiliki.
Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.
1. Aktifkan virtualbox (lihat gambar dibawah)

virtualbox window
2. Klik menu File dan pilih Preference yang akan memunculkan sebuah jendela preference seperti gambar dibawah ini.

preference window
3. Pilih opsi Extension dari panel sebelah kiri yang akan mengakibatkan perubahan tampilan dari panel di sebelah kanan menjadi seperti gambar dibawah ini.

extension tab
4. Dari tampilan langkah 3, klik tombol / ikon belah ketupat yang ada di panel sebelah kanan (lihat gambar dibawah).

tombol tambah ekstensi
5. Setelah itu akan muncul jendela dialog untuk mencari lokasi dari file extension pack dari virtualbox yang sudah dimiliki dan memilih file tersebut (lihat gambar dibawah).

select extension pack
Pilih file tersebut dan tekan tombol Open sehingga akan memunculkan sebuah kotak dialog yang meminta persetujuan untuk instalasi extension pack tersebut, klik tombol install sehingga akan muncul sebuah permintaan persetujuan dari user terhadap persetujuan lisensi dari extension pack dan klik  tombol I Agree untuk memulai instalasi (lihat gambar dibawah).


message   license agreement
Sampai disini proses instalasi extension pack virtualbox dengan memanfaatkan tampilan GUI dari applikasi virtualbox selesai. Selanjutnya adalah penjelasan cara instalasi extension pack dengan memanfaatkan command line / baris perintah. Untuk cara yang kedua ini dapat dilakukan pada sistem operasi linux maupun windows.
Untuk melakukan instalasi melalui baris perintah / command line caranya adalah sebagai berikut :
1. Buka konsole atau terminal dan ubah user aktif menjadi user root
2. Ketikan perintah berikut ini
# VBoxManage extpack install <nama file extension pack>
3. Untuk melihat apakah extension pack sudah terinstalasi dapat menggunakan perintah berikut
# VBoxManage list extpacks

Setelah perintah tersebut, akan ditampilkan informasi dari extension pack yang terinstalasi. Untuk pengguna sistem operasi Microsoft Windows, proses instalasi melalui baris perintah / command line dapat juga dilakukan dengan cara
1. Buka aplikasi Command yang akan menampilkan sebuah jendela terminal dos
2. Pindah ke direktori tempat file VBoxManage berada (biasanya ada di direktori tempat virtualbox berada di Program Files) dan ketikan perintah VBoxManage extpack install <path><nama file extension pack>
3. Untuk melihat apakah proses instalasi sudah berhasil dapat menggunakan perintah yang sama di langkah ketiga di sistem operasi linux diatas.

Tentunya 3 langkah tersebut harus dijalankan dengan privilage user administrator.

Selamat mencoba....


Sign In or Register to comment.