Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Transfer file dengan WinSCP

Untuk urusan transfer file dengan mudah lintas jaringan, tentu tidak lagi asing mendengar nama VNC ataupun WinSCP. Posting kali ini akan mencoba untuk mengulas bagaimana urusan transfer file lintas jaringan diatas protokol yang mumpuni, SSH, dengan memanfaatkan utilitas WinSCP.

WinSCP dapat di unduh melalui link ini, sehingga Anda dapat mencoba tulisan ini di sistem Anda. Sebelumnya, skenario di tulisan ini adalah sebagai berikut:
  1. Komputer1 dengan OS linux sebagai target tempat untuk mengambil file
  2. Komputer2 dengan OS Windows 7 sebagai target untuk menyimpan file
Langkah-langkah yang harus dilakukan pada komputer2 agar dapat melakukan transfer file lintas jaringan dengan memanfaatkan winscp adalah seperti berikut ini.

1. Unduh winscp dan lakukan proses instalasi winscp
2. Aktifkan winscp, pada saat winscp aktif akan tampak seperti gambar dibawah berikut ini.


session awal

3. Langkah selanjutnya adalah memilih file protokol yang akan dipakai. Karena di artikel ini kita akan melakukan transfer file, kita coba ubah file protokol default (SFTP) ke SCP (lihat gambar dibawah).


pemilihan file protokol


4. Dari tampilan diatas setelah mengubah file protokol, isian yang harus diperhatikan adalah Host name yang diisi dengan alamat ip dari komputer1, kemudian Username diisi dengan nama user yang akan dipakai untuk melakukan koneksi ke komputer1 dan Password yang diisi dengan password dari user yang dipakai untuk melakukan koneksi (lihat gambar dibawah).


isian session

5. Setelah isian pada bagian Session selesai, selanjutnya adalah menentukan direktori yang akan dituju di komputer1. File yang akan dicopy berada di direktori Documents jadi pada pilihan Environtment - Directories, jadi isian remote directory adalah path lengkap dari direktori Documents (lihat gambar dibawah).


pemilihan target direktori

6. Langkah terakhir adalah kembali ke opsi Session dan klik tombol Login sehingga proses login ke komputer1 dieksekusi oleh winscp (lihat gambar dibawah)

progress window

Saat proses koneksi selesai, tampilan dari winscp akan tampak seperti gambar dibawah.

tampilan akhir

Pada gambar diatas, panel sebelah kiri merupakan tampilan dari direktori My Documents di komputer2 dan tampilan panel sebelah kanan adalah isi direktori Documents di komputer1. Sampai disini, proses selanjut bisa dilakukan seperti saat memanfaatkan Windows Explorer untuk melakukan operasi file seperti copy, delete, move, dll...

Selamat mencoba....


Sign In or Register to comment.