Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Membuat live USB openSUSE (part-2)

Seperti yang sudah dibahas pada tulisan bagian pertama untuk membuat live USB openSUSE yang memanfaatkan sistem operasi Microsoft Windows, pada bagian kedua ini akan dibahas bagaimana membuat live USB openSUSE dengan memanfaatkan opensuse yang sudah terinstalasi di komputer.

Untuk membuat live USB openSUSE dengan opensuse yang sudah terinstalasi dengan baik, tool yang dibutuhkan tetap sama seperti pada tulisan sebelumnya yaitu sebuah file iso dari live cd opensuse (KDE version) dan imagewriter. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Aktifkan Install/Remove Software dan masukkan password root bila diminta
  2. Cari dengan fasilitas pencarian yang disediakan utilitas imagewriter, bila sudah ditemukan pilih paket tersebut
  3. Klik tombol Accept untuk memulai proses pengunduhan dan instalasi imagewriter.
Sampai disini, proses instalasi imagewriter sudah selesai. Untuk mengaktifkan imagewriter Anda dapat mencari melalui Kickoff Application Launcher pada menu All Application -> Utilities -> Archiving -> USB Keywriter. Sebelum aplikasi imagewriter tersebut aktif, Anda akan diminta untuk memasukkan password dari user root, ketikan password dari user root dan tunggu beberapa saat sehingga akan muncul tampilan seperti berikut ini.
imagewriter
Proses selanjutnya adalah proses pembuatan live USB openSUSE dengan memanfaatkan imagewriter yang sudah terinstalasi dan aktif dengan sempurna pada sistem. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Koneksikan flashdisk yang akan dipakai sebagai tempat untuk membuat live USB ke komputer.
  2. Arahkan kursor mouse pada tengah-tengah area aplikasi imagewriter dan klik sekali untuk membuka kotak dialog untuk memilih file iso yang akan dibuat sebagai sumber live USB. Selain melakukan klik pada tengah-tengah area aplikasi imagewriter, Anda dapat melakukan pemilihan file iso tersebut dengan melakukan drag and drop yang disediakan oleh aplikasi imagewriter. Buka file manager dan pilih file iso yang akan dipakai sebagai sumber untuk live USB openSUSE, lakukan proses drag file tersebut dari file manager dan drop pada imagewriter.
  3. Pilih flashdisk yang akan dipakai sebagai tempat live USB
  4. Klik tombol Write dan tunggulah beberapa saat sampai prosesnya berakhir.
Sampai disini proses pembuatan live USB openSUSE sudah selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan reboot komputer Anda dan pastikan bahwa urutan booting dimulai dari USB flashdisk yang sudah menjadi live USB openSUSE.

Selamat mencoba.....
Sign In or Register to comment.