Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Membuat live USB openSUSE (part 1)

Linux merupakan sebuah perangkat lunak yang memang bisa dipakai untuk bermacam-macam keperluan karena keterbukaan yang dibawanya, orang dapat dengan mudah melakukan modifikasi yang diperlukan agar linux yang dimiliki dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Karena hal itulah, linux dapat dimasukkan ke pen-drive atau flashdisk sehingga kita dapat memanfaatkan flashdisk atau pen-drive untuk melakukan instalasi ataupun memperbaiki sistem yang sedang mengalami kerusakan di laptop ataupun di PC. Kapasitas dari flashdisk yang diperlukan untuk membuat live USB openSUSE sebaiknya minimal 2 GB, bila memiliki kapasitas yang lebih besar akan lebih baik.

Pada tulisan ini, saya menggunakan distribusi openSUSE sebagai materi untuk membuat live USB dan file iso yang digunakan adalah openSUSE versi Livecd dengan desktop KDE. Pembuatan live USB openSUSE dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui sistem operasi Microsoft Windows dan melalui linux openSUSE itu sendiri. Untuk kali ini yang dibahas adalah pembuatan live USB openSUSE dengan memanfaatkan sistem operasi Microsoft Windows.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat live USB openSUSE dengan memanfaatkan Microsoft Windows adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan Anda sudah memiliki file iso dari openSUSE (unduh disini bila belum memilikinya)
  2. Unduh utilitas imagewriter untuk melakukan pembuatan live USB openSUSE disini. Imagewriter yang dibutuhkan adalah imagewriter khusus untuk opensuse.
  3. Jalankan imagewriter.exe yang sudah diunduh, bila imagewriter.exe tersebut tidak berjalan kemungkinan Anda membutuhkan runtime .NET 2.0 (unduh disini bila belum memilikinya dan bila sudah selesai proses mengunduhnya, lakukan instalasi runtime .NET 2.0)
  4. Pasang flashdisk / pen-drive yang akan digunakan sebagai live USB.
  5. Setelah imagewriter berjalan, perlu diketahui bahwa imagewriter untuk Microsoft Windows hanya mengenal file .raw saja, tetapi jangan khawatir Anda tidak dapat membuat live USB meski memiliki keterbatasan tersebut. Klik tombol Select dan ketik *.* pada kotak isian File name sehingga akan muncul nama file iso openSUSE.
  6. Pilih file iso tersebut dan jangan lupa untuk memilih flashdisk yang akan digunakan sebagai live USB yang dikenali di Microsoft Windows Anda.
  7. Klik tombol Write dan tunggu beberapa saat.
Sampai disini setelah proses penulisan file image dari live cd opensuse selesai, flashdisk yang Anda miliki sudah dapat digunakan sebagai live USB. Untuk mencobanya, reboot komputer Anda dan pastikan bahwa urutan booting komputer Anda dimulai dari flashdisk USB.

Selamat mencoba....
Sign In or Register to comment.