Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Modifikasi file gambar berbasis command line dengan utilitas convert dan mogrify

Modifikasi ringan sebuah file gambar atau image mungkin sering kita lakukan sebagai pengguna komputer. Entah untuk mengecilkan ukuran atau besar file, mengubah warna, memberikan border atau apapun. Tools yang sering digunakan adalah tools pengolah gambar berbasis grafis terutama untuk pengguna sistem operasi Microsoft Windows. Untuk pengguna sistem operasi open source seperti GNU/Linux, melakukan modifikasi file gambar tidak selalu harus memanfaatkan tools yang berbasiskan gui. Tersedia juga tools berbasiskan command line, jadi pengguan sistem operasi open source memiliki kebebasan yang lebih daripada pengguna sistem operasi Microsoft Windows.

Dalam tulisan ini jenis sistem operasi yang digunakan adalah distribusi Opensuse 12.1 dan tools yang dipakai untuk melakukan modifikasi file gambar adalah mogrify dan convert. Sebagai contoh, penulis akan membagi pengalaman pribadi penulis dalam melakukan modifikasi file gambar untuk beberapa keperluan pribadi penulis seperti mengubah format file gambar menjadi format dokumen pdf ataupun mengubah resolusi file gambar yang diambil dari kamera digital menjadi resolusi 800x600 dengan tujuan mengecilkan ukuran file.

Convert file gambar ke pdf
Untuk mengkonversi file gambar ke bentuk file dokumen dalam format pdf, cukup menggunakan tool convert. Tool ini akan ada dalam paket imagemagic, sebelum melakukan konversi ada baiknya cek terlebih dahulu apakah paket imagemagic sudah terinstalasi di sistem Anda. Perintah yang digunakan untuk melakukan konversi file gambar ke pdf menggunakan convert adalah seperti berikut:

convert sandal.jpg sandal.pdf


Perintah tersebut diatas akan mengubah file gambar sebuah sandal dengan tipe jpg menjadi sebuah file baru dengan nama sandal yang bertipe pdf dan perintah tersebut tidak akan menghapus file sandail.jpg. Untuk membuka atau melihat hasil konversi yang baru saja dilakukan, ketikan saja perintah seperti ini

evince sandal.pdf

Perintah diatas akan mengaktifkan aplikasi pembaca file pdf bernama evince dan langsung membuka file sandal.pdf.

Convert file gambar ke resolusi rendah
Dengan menggunakan tool convert, kita juga dapat mengubah resolusi sebuah gambar. Ukuran file sandal.jpg sebesar 1,8 Mb, dan akan diresize dengan resolusi 800x600 menggunakan tool convert.
Sandal
Perintah untuk melakukan hal diatas adalah sebagai berikut.

convert -resize 800x600 sandal.jpg sandal-1.jpg


Perintah diatas akan mengkonversi file sandal.jpg menjadi file sandal-1.jpg dengan resolusi 800x600. Perubahan resolusi secara otomatis akan mengurangi ukuran file dari 1,8 Mb menjadi sebuah file gambar dengan ukuran sekitar 200 Kb. Hasil konversi dari perintah diatas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

sandal resolusi 800x600

Rotasi file gambar dengan convert
Masih memanfaatkan contoh file bergambar sandal yang sama, sekarang kita akan mencoba melakukan rotasi gambar sandal tersebut dari posisi horisontal menjadi posisi vertikal. Perintah yang digunakan adalah sebagai berikut.

convert -rotate 90 sandal-1.jpg sandal-2.jpg

Perintah diatas akan menghasilkan sebuah file baru bernama sandal-2.jpg yang sudah dirotasi dengan sudut 90o ke kanan seperti gambar dibawah ini.

Sandal terotasi 90 derajat

Dari sini bisa dilihat bahwa utilitas convert yang disediakan oleh paket imagemagic bisa membantu kita untuk mengolah file gambar tanpa harus memanfaatkan antarmuka aplikasi berbasis grafis.

Konversi masal
Sekarang bila file gambar yang kita miliki berjumlah lebih dari satu apakah kita harus melakukan konversi gambar-gambar tersebut satu persatu? Kalau harus seperti itu, akan membuat capai jemari kita mengetikkan perintah tersebut satu demi satu untuk mengkonversi gambar-gambar tersebut.
Ada utilitas lain yang dapat kita manfaatkan untuk melakukan hal ini. Konversi banyak file gambar sering disebut dengan batch processing, yaitu melakukan sebuah proses yang berulang terhadap banyak file. Utilitas tersebut adalah mogrify dengan utilitas tersebut kita bisa melakukan proses konversi menggunakan command line dengan mudah. Tetapi perlu diingat bahwa menggunakan mogrify, file asli yang kita miliki akan langsung di konversi sehingga kita tidak lagi memiliki sumber asli dari gambar tersebut. Ada baiknya sebelum melakukan konversi gambar dengan memanfaatkan utilitas mogrify gambar-gambar yang akan di konversi di back-up terlebih dahulu, kecuali memang Anda tidak lagi memerlukan file asli dari gambar tersebut.

Penulis sering melakukan konversi pengurangan resolusi secara masal terhadap gambar-gambar yang penulis miliki dari kamera digital. Untuk melakukan konversi masal file gambar, buat sebuah direktori baru untuk menampung file yang akan dikonversi dan masuk ke dalam direktori tersebut. Bila sudah, lakukan perintah berikut ini

mogrify -resize 800x600 *.jpg

Perintah diatas akan melakukan resize dari semua file gambar yang ada pada direktori yang sudah disiapkan. File-file asli dari gambar tersebut akan langsung ditimpa oleh hasil dari mogrify. Selain melakukan resize, mogrify juga dapat melakukan banyak hal seperti utilitas convert.

Utilitas convert dan mogrify tidak hanya dapat dimanfaatkan sebatas pada resize, rotate, ataupun convert. Masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan oleh dua utilitas ini. Untuk menjelajah apa saja yang dapat dilakukan oleh dua utilitas ini, baca saja opsi-opsi yang bisa diberikan dengan mengetikan perintah seperti dibawah ini.

convert -h untuk utilitas convert dan perintah mogrify -h untuk utilitas mogrify.

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat mencari tutorial yang lebih jelas di internet melalui mesin pencari seperti google ataupun yahoo dengan kata kunci seperti tutorial convert di linux atau tutorial mogrify di linux

Selamat mencoba.....

Tanggapan

  • Imagemagick memang tools yang sangat bermanfaat sekali, dan php juga sudah mengintegrasikan nya. sehingga imagemagick bisa juga dipanggil melalui php.


  • Nice info... thx...
Sign In or Register to comment.