Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Kompresi Gambar di Linux dengan Trimage

Kadang kala kita memperoleh ataupun memiliki gambar dengan ukuran file yang cukup besar dan ingin di kirimkan ke teman lewat email ataupun dipasang di blog atau website kita sebagai pelengkap tulisan yang kita buat. Untuk mengurangi besar file gambar tersebut kita dapat melakukan konversi gambar ke resolusi yang lebih rendah sehingga ukuran file mengecil. Untuk melakukan konversi resolusi gambar, aplikasi yang menyediakan fasilitas ataupun kemampuan untuk meng-konvert cukup banyak. Mulai dari mogrify sampai dengan aplikasi kelas berat seperti Gimp yang memiliki interface GUI.

Sebelum melakukan kompres file image, lakukan instalasi terlebih dahulu aplikasi trimage pada Opensuse Anda. Untuk melakukan instalasi trimage, ada dua pilihan yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah melalui konsole atau terminal, buka terminal / konsole dan ganti user aktif menjadi user administrator dan kemudian ketik perintah berikut.

zypper in trimage

Yang kedua, dengan memanfaatkan repository software yang disediakan oleh opensuse di sofware.opensuse.org. Ketikan trimage pada textbox yang disediakan kemudian klik tombol search sehingga akan muncul software tersebut. Untuk melakukan instalasi, klik tombol 1 Click Install dan ikuti panduan yang diberikan sampai aplikasi trimage terinstalasi di sistem Anda.

Selanjutnya, aktifkan aplikasi trimage melalui langkah berikut ini.
  1. Klik Kickoff Application Launcher, pilih Applications
  2. Pilih Graphics
  3. Pilih Image Editing
  4. Klik Image Compressor
sehingga tampak aplikasi trimage seperti gambar dibawah


trimage
Proses selanjutnya adalah memilih gambar yang akan di-compress. Perlu diingat, aplikasi ini hanya support terhadap ekstensi gambar JPG dan PNG, selain dari ekstensi tersebut tidak dapat di lakukan proses kompres.
Klik tombol Add and compress, kemudian pilih file gambar yang akan di compress (lihat gambar dibawah)


in action

Bila proses compress sudah berakhir, hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut


result...

Selamat mencoba......
Sign In or Register to comment.