Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Cropping File Gambar atau Image di Linux dengan Gwenview

Tutorial kali ini akan membahas bagaimana melakukan cropping gambar memanfaatkan aplikasi Gwenview di opensuse. Secara default bila Anda menggunakan opensuse dengan desktop manager KDE, aplikasi Gwenview akan sudah terinstalasi dari awal mula. Untuk memastikannya apakah aplikasi ini sudah ada di komputer Anda, silahkan buka Kick Start -> Applications -> Graphics -> Viewer -> Image Viewer. Aplikasi dengan nama image viewer inilah tempat dari Gwenview.

Bila belum terdapat aplikasi Gwenview, lakukan proses instalasi aplikasi tersebut melalui Install / Remove Software atau melalui konsole dengan mengetikkan perintah

zypper in  gwenview

dengan tidak lupa berganti dari user biasa menjadi user administrator atau root sebelum melakukan instalasi aplikasi ini.

Oke, langsung saja kita praktekan bagaimana melakukan cropping melalui aplikasi Gwenview ini. 
Sebagai contoh, kita memiliki sebuah gambar dengan nama halloween.jpg yang berada di dalam direktori Picture seperti dibawah ini



example picture

Selanjutnya, aktifkan file manager Dolphin dan buka direktori Picture. Cari file tersebut dan bila sudah ditemukan pilih file halloween.jpg kemudian klik tombol kanan dari mouse untuk memunculkan pop-up menu. Dari pop-up menu tersebut ada satu sub menu yang bernama open with. Klik tulisan open with sehingga memunculkan sebuah sub menu baru yang didalamnya terdapat pilihan Gwenview. Klik pilihan itu sehingga gambar yang akan di crop akan terbuka di aplikasi Gwenview seperti gambar dibawah ini.


gwenview in action

Kemudian klik menu Edit dan pilih Crop, atau dengan menggunakan kombinasi tombol Shift + C sehingga akan muncul sebuah jendela berbentuk kotak persegi / window selector meliputi seluruh gambar yang ada (lihat gambar dibawah).


window selector

Atur window selector tersebut sesuai dengan keinginan seperti gambar dibawah.


window selector in action

Langkah terakhir adalah klik tombol crop sehingga hasil nya seperti gambar berikut ini 


finish....

Selanjutnya Anda bisa menyimpan hasil crop-ing gambar ini ke dalam sebuah file baru sehingga file asli tidak terpengaruh dengan apa yang baru saja dilakukan bila suatu saat file gambar asli tersebut dibutuhkan secara utuh.

Selamat mencoba.....
Sign In or Register to comment.