Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Split file di Linux (part 2)

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan dengan judul yang sama. Kali ini akan dibahas memecah file dengan memanfaatkan utility yang bernama
Hjsplit. Sebelum memulai memecah file, unduh dahulu program hjsplit dari web. Untuk tulisan ini, tipe hjsplit yang digunakan adalah hjsplit untuk linux yang dapat diperoleh dari link berikut ini http://www.hjsplit.org/linux/.
Anda tinggal memilih lokasi server yang terdekat untuk memperoleh aplikasi ini.

Setelah selesai mengunduh, ekstrak-lah file hjsplitlx.tar.gz. Di dalam file tersebut terdapat 2 buah file yang pertama adalah file binari hjsplit itu sendiri dan yang kedua adalah file text yang berisi penjelasan singkat tentang hjsplit. Selanjutnya setelah file binari hjsplit terekstrak sempurna, jalankan aplikasi tersebut dengan melakukan klik ganda pada file binari hjsplit sehingga tampilan dari aplikasi hjsplit seperti gambar dibawah ini.



Tampilan awal




Sekarang adalah cara melakukan split file menjadi beberapa bagian dengan menggunakan hjsplit. Contoh tulisan ini sama seperti contoh tulisan sebelumnya menggunakan file lupu-528.004.iso yang akan dipecah menjadi beberapa bagian dengan masing-masing bagian berukuran 20 mega. Klik tombol split sehingga tampak seperti gambar dibawah



Kotak dialog split



Klik tombol input file sehingga memunculkan kotak dialog yang dapat membantu kita untuk mengambil file lupu-528.004.iso. Pada bagian textbox setelah tombol output secara otomatis akan terisi dengan lokasi direktori yang sama dengan file lupu-528.004.iso dan nama file lupu-528.004.iso akan menjadi lupu-528.004.iso.001 yang menandakan sebagai start awal file yang akan dibagi. Setelah itu tentukan besar file pecahan pada kotak dibawah tulisan split file size dengan nilai 20 dan biarkan nilai megabytes di sampingnya. Klik tombol start dan tunggu beberapa saat maka hasil pemecahan file bisa dilihat di direktori yang sama dengan ukuran masing-masing 20 Megabytes.


Untuk melakukan join kembali hasil dari pemecahan dengan Hjsplit, caranya tidak berbeda jauh dengan melakukan pemecahan. Dari tampilan awal hjsplit, klik tombol join sehingga akan muncul kotak dialog yang mirip dengan kotak dialog untuk melakukan pemecahan.



Kotak dialog join



Klik tombol input file dan pilih file yang memiliki ekstensi tambahan 001, setelah itu klik tombol start. Proses penggabungan akan berjalan dan hasilnya, Anda bisa mendapatkan sebuah file yang untuh.

Selamat mencoba....
Sign In or Register to comment.