Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Scanning di Linux dengan Kooka Scan & OCR Software

Kadang kala kita membutuhkan dokumen yang harus dikirim lewat media internet. Untuk mengubah dokumen agar dapat dikirim melalui internet salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan peralatan scanner. Dengan menggunakan scanner kita dapat mengubah sebuah dokumen menjadi format digital yang dapat dimanipulasi ataupun dikirimkan melalui internet.

Di Linux, aplikasi untuk melakukan scanning cukup beragam. Untuk tulisan kali ini, aplikasi yang dibahas adalah Kooka yang dijalankan di openSuSE 12.1. Sebelum mencoba menggunakan Kooka, pastikan dahulu bahwa aplikasi tersebut sudah terinstal pada komputer Anda. Untuk memastikan caranya adalah
  1. Klik Application Launcher
  2. Pilih tab Application
  3. Pilih Graphics
  4. Pilih Scanning
Bila pada sub menu Scanning terdapat aplikasi yang bernama Scan & OCR Program berarti aplikasi untuk melakukan kegiatan scanning sudah terinstal. Bila belum, lakukan instalasi lewat aplikasi install/remove software yang disediakan oleh opensuse. Sebelum melakukan scanning, pastikan bahwa scanner yang dimiliki sudah dikenal oleh opensuse dan bila belum, lakukan deteksi scanner melalui YaST.

Aktifkan aplikasi Kooka melalu cara diatas dan Anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar berikut ini. 

Tampilan awal Kooka
Letakan dokumen yang hendak di proses di scanner dan sebelum melakukan proses scanning, ada satu hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Secara default, resolusi yang di set oleh Kooka adalah 50 dpi, untuk itu perlu diubah agar hasil scanning menjadi lebih tajam dan jelas. Ubah resolusi di panel sebelah kiri bawah menjadi 300 (lihat gambar dibawah)


Pengaturan resolusi
setelah itu klik tombol preview scan untuk melihat hasil scanning dari dokumen.

Bila ada yang perlu diubah entah itu komposisi warna ataupun bagian yang akan di scan, lakukan terlebih dahulu dan setelah sesuai dengan yang diinginkan, klik tombol final scan sehingga scanner akan melakukan proses scanning final.
Bila proses final scanning sudah selesai, kita akan diminta untuk memilih format file yang akan dipakai untuk menyimpan hasil scanning dalam bentuk file. Pilih sesuai keinginan, katakanlah format file jpg, dan klik tombol Ok.

Hasil scanning akan di tampilkan di Kooka Gallery yang terdapat di bagian atas panel untuk mengatur resolusi dan warna. Dari Kooka Gallery hasil scanning tersebut bila ingin menyimpan ke tempat atau direktori lain, Anda tinggal memilih file tersebut dan klik kanan pada mouse dan pilih save image lalu arahkan ke lokasi dimana file tersebut akan disimpan dan juga beri nama yang memudahkan Anda untuk mengingat hasil scanning tersebut.

Sampai disini, proses scanning dengan memanfaatkan aplikasi Kooka yang ada di opensuse sudah selesai. Anda bisa mengeksplorasi lebih jauh lagi untuk memanfaatkan opsi-opsi yang ada di aplikasi tersebut dengan membaca manual dari Kooka.

Selamat mencoba........


Sign In or Register to comment.