Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Mounting file bertipe ISO di linux (part 2)

Tulisan ini merupakan sambungan dari tulisan sebelumnya dengan judul / topik yang sama.
Kali ini saya akan membahas mengenai membuka file bertipe ISO di linux dengan aplikasi berbasis grafis.
Sebelumnya, saya informasikan kembali bahwa tutorial ini dijalankan pada distribusi openSuSE 12.1 dengan window manager KDE dan
file ISO yang digunakan sebagai contoh untuk dibuka adalah openSUSE-12.1-KDE-LiveCD-i686.iso.

Aplikasi yang digunakan untuk tulisan kali ini bernama isomaster dan sebelum mencoba, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi isomaster sudah terinstalasi. Untuk melihat apakah aplikasi isomaster sudah ada di sistem langkahnya adalah pertama klik Application Launcher, kedua pindah ke tab Application, ketiga pilih sub menu Multimedia -> CD/DVD Burning dan bila Anda melihat tulisan dan icon dari isomaster berarti aplikasi tersebut sudah terinstal dengan baik di sistem.

Bila belum menemukan aplikasi tersebut dari langkah-langkah yang sudah diuraikan diatas, maka Anda harus melakukan instalasi terlebih dahulu.
Langkah-langkah untuk melakukan instalasi aplikasi isomaster, pertama tekan kombinasi tombol ALT+F2 dan kemudian ketikan Konsole diikuti dengan tombol enter dan tunggu sampai jendela konsole keluar.
Kedua, ubah user biasa menjadi user root dengan mengetikan su dan isi password user root saat diminta. Ketiga, ketikan perintah berikut untuk melakukan instalasi aplikasi isomaster : zypper in isomaster.
Setelah itu tunggu sampai proses instalasi selesai dengan ditandai munculnya prompt. Dan langkah terakhir adalah keluar dari mode user root dengan mengetikkan perintah exit dan tutup jendela Konsole.
Sampai disini proses instalasi aplikasi isomaster selesai
Bila proses instalasi dengan menggunakan terminal merupakan sesuatu yang tidak disukai, alternatif lainnya Anda dapat menggunakan aplikasi grafis yang bernama Install/Remove Application.
Dan cari aplikasi isomaster, dengan fasilitas search yang disediakan dan lakukan proses instalasi.

Sampai disini berarti bisa dianggap bahwa aplikasi isomaster sudah terinstalasi dengan sempurna di sistem Anda, proses selanjutnya adalah cara memanfaatkan aplikasi ini untuk membuka file ISO yang dimiliki. Untuk membuka file bertipe ISO dengan menggunakan aplikasi isomaster, lakukan hal berikut ini.
Pertama, aktifkan atau jalankan aplikasi iso master dengan cara : Application Launcher -> Application -> Multimedia -> CD/DVD Burning -> Iso master dan tampilan dari aplikasi ini akan tampak seperti gambar 1
image
Kedua, untuk membuka file iso openSUSE-12.1-KDE-LiveCD-i686.iso, klik menu File dan pilih sub menu Open seperti gambar 2

Ketiga, bila ingin cepat dapat menggunakan kombinasi tombol CTRL+O dan setelah itu cari lokasi dimana file iso yang akan dibuka berada. Untuk contoh pada tulisan ini, lokasinya akan berada di direktori Downloads/iso.
Keempat, pilih file tersebut dan klik tombol Open atau lakukan double click saat memilih file tersebut sehingga aplikasi iso master akan tampak seperti gambar 3  yang menandakan bahwa file iso sudah terbuka (perhatikan pada bagian bawah dari aplikasi akan terdapat direktori boot/ dan beberapa file)
image

Sampai disini, Anda sudah bisa melihat-lihat isi file ISO dan tidak perlu lagi untuk mengorbankan 1 keping CD ataupun DVD.
Sebagai tambahan, aplikasi isomaster ini memiliki fungsi lain yang dapat kita manfaatkan untuk menambah ataupun mengurangi isi dari file iso. Untuk hal ini akan dibahas pada tulisan lain.

Selamat mencoba.....
Sign In or Register to comment.