Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Membuat SpreadSheet Online Dengan dhtmlxSpreadSheet

image

Pernah terpikir untuk membuat spreadsheet online seperti Google Docs? Kenapa tidak mencoba untuk membuatnya sendiri, apalagi akan lebih mudah bila Anda menggunakan widget gratisan seperti dhtmlxSpreadsheet. Enaknya lagi widget yang ditulis dengan Javascript dan PHP ini ternyata juga menyediakan plugin untuk Wordpress, Joomla, ModX serta Drupal.

Memindahkan Excel ke aplikasi web-based secara online memang agak sulit kalau membuatnya dari nol, karena tentu akan melelahkan dan menghabiskan banyak waktu apalagi bila Anda diburu oleh deadline yang ketat.

Dengan dhtmlxSpreadsheet yang berbasis AJAX ini, Anda kini dapat mengedit data secara online dan menampilkannya dalam bentuk spreadsheet yang bisa diedit kembali ataupun diubah menjadi mode readonly, yang hanya bisa dilihat.

dhtmlxSpreadsheet sendiri dibuat menggunakan dhtmlxGrid yang mana banyak mendukung untuk memformat data seperti di Excel. Dari bentuknya sudah terlihat mirip sekali dengan excel, walaupun tidak semua fitur yang ada di excel ada di situ, tapi ada sebagian besar fitur dasar sudah berfungsi di dhtmlxSpreadSheet.

Selain fungsional dasar, dhtmlxSpreadsheet juga menawarkan perubahan format warna teks, background cell tabel, alignment teks, perubahan nama di bagian head kolom dan lainnya. Begitu juga bila Anda mengubah ukuran kolom dengan menggesernya maka posisi ukuran kolom tersebut akan terus tersimpan sekalipun Anda menutup halaman. Anda. Fungsi lain yang ada di dhtmlxSpreadsheet adalah dukungan fungsi perhitungan matematika seperti penjumlahan, penguranga dan lainnya.

Setelah mengedit data secara online, Anda pun dapat menyimpannya di komputer Anda dengan cara mengekspor ke file berformat PDF ataupun XLS. Begitu pula shortcut Ctrl+C dan Ctrl+V untuk copy paste juga bisa dipakai di sini.

Pada tutorial kali ini kita akan mencoba membuat spreadsheet online ini.

Langkah 1

Download terlebih dahulu dhtmlxSpreadsheet di sini.

Langkah 2

Ekstrak hasil unduhan di localhost Anda dan coba akses di browser. Maka akan tampil seperti ini. Pastikan Anda membuat terlebih dahulu nama database yang akan dihubungkan dengan spreadsheet nanti, misalnya sampledb (melalui phpMyAdmin atau MySQL editor lainnya). Kalau belum membuat maka akan muncul notifikasi error, jadi pastikan database yang dituju sudah Anda buat sebelumnya.

image

Langkah 3

Setelah konfigurasi berhasil maka Anda akan dinavigasikan ke halaman full spreadsheet seperti di google docs. Untuk meng-embed spreadsheet tersebut ke suatu page cukup dengan script sederhana seperti ini. Maka spreadsheet akan muncul dalam box div yang telah kita tentukan.

<script src="./dhtmlx/spreadsheet.php?sheet=price_report"></script>
 
<div id="gridbox" style="width: 700px; height: 250px; background-color:white;"></div>

Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini :

image

Spreadsheet di atas akan bisa kita edit dan baris yang kita ubah akan disimpan ke database yang telah kita hubungkan sebelumnya.

Sangat menarik bukan? Selamat mencobanya :)


(thePinkFighter)

Sign In or Register to comment.