Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Membuat Pretty URL Sederhana Pada ASP.NET 4.0

Anda memiliki website yang sedang online saat ini? Pastikan jangan lupa untuk menggunakan Pretty URL pada setiap link post di dalamnya. Apa itu Pretty URL? Pretty URL (atau dikenal juga dengan Clean URL, Rewrite URL ataupun User-Friendly URL) ini merupakan cara untuk mengubah URL standard menjadi lebih mudah dibaca dan diindex oleh mesin pencari. Keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan Pretty URL ini sendiri adalah demi alasan keamanan yaitu untuk mencengah serangan dalam bentuk SQL Injection.

Sebagai contoh, misalnya website kita memiliki URL standard seperti ini :


Maka yang dimaksud dengan Pretty URL akan tampil seperti berikut ini :


Sangat gampang diingat dan dibaca, bukan? Begitu pula dengan mesin pencari pun akan lebih mudah untuk mengindex halaman tersebut. Nah pada tutorial kali ini, kita akan mencoba untuk membuat Pretty URL dengan ASP.NET 4.0.


Langkah 1

Buatlah project baru pada ASP.NET dengan memilih File-> New -> Project. Selanjutnya akan muncul dialog box dan isilah dengan nama UrlRewriting (Anda bisa menggunakan nama lain sesuai dengan keinginan Anda).

image

Langkah 2

Setelah membuat project baru maka lanjutkan dengan membuat 2 file yaitu global.asax serta customer.aspx. File global.asax akan digunakan untuk meletakkan logika penulisan URL yang nantinya akan dibuat lebih cantik.

image

Langkah 3

Selanjutnya kita akan menambahkan kode berikut ini pada file global.asax. Agar lebih mudah, maka dibuatlah fungsi RegisterRoutes() yang mana nanti akan kita panggil menggunakan application_start. Ketik kode berikut pada file global.asax.

using System;
using System.Web.Routing;
 
namespace UrlRewriting
{
public class Global : System.Web.HttpApplication
{
 
protected void Application_Start(object sender, EventArgs e)
{
RegisterRoutes(RouteTable.Routes);
}
 
public static void RegisterRoutes(RouteCollection routeCollection)
{
routeCollection.MapPageRoute("RouteForCustomer", "Customer/{Id}", "~/Customer.aspx");
}
 
}
}

Setelah menambahkan kode di atas, kita akan beralih pada file customer.aspx. Dalam bagian ini kita akan menambahkan event page_load yang mana tiap kali halaman direload maka akan mengambil ID tertentu. Dalam implementasi sehari-hari, ID ini tentu bisa kita definisikan untuk mengetahui data customer dengan ID sekian atau product dengan ID sekian, yang mana data tersebut akan meng-query data yang ada di database kita.

using System;
 
namespace UrlRewriting
{
public partial class Customer : System.Web.UI.Page
{
protected void Page_Load(object sender, EventArgs e)
{
string id = Page.RouteData.Values["Id"].ToString();
 
Response.Write("<h1>Customer Details page</h1>");
Response.Write(string.Format("Displaying information for customer : {0}",id));
 
}
}
}

Langkah 4

Jalankan aplikasi tersebut, dalam contoh pertama kita akan mencoba mengambil data customer dengan ID 1, maka akan tampil seperti ini.

image

Atau bila Anda mencoba dengan ID 2 maka akan tampil selanjutnya seperti ini :

image

Nah, cukup sederhana sekali bukan? Selamat mencoba :)

(thePinkFighter)
Sign In or Register to comment.