Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Banjir di Thailand.. Harga H.disk Melonjak..

edited November 2011 in Share
Share saja..

berita dari sini :
http://obengware.com/news/index.php?id=8352
Isu terbaru menyebutkan harga harddisk mendadak naik 50% hanya dalam 1 minggu. Setidaknya seperempat harddisk dibuat di Thailand, pabrik dan komponen harddisk disana terkena dampak serius.

Western Digital diperkirakan hanya bisa memproduksi 22-26 juta harddisk pada kuartal ini. Secara umum WD mampu memproduksi 58 juta unit setiap kuartal.

Juru bicara WD mengatakan saat ini mereka masih menunggu pabrik mereka di Thailand kering untuk bisa mulai berproduksi.

Seagate manger mengatakan kekosongan harddisk diperkirakan membuat harga harddisk melonjak. Belum diberitakan lebih lanjut sebesar apa harga harddisk meningkat. Baik WD dan Seagate mengatakan banjir di Thailand membuat masalah bagi industri. Butuh satu kuartal untuk diselesaikan

Barusan liat harga2 di rakitan dan viraindo.. harganya dah mulai naek euy..
Itupun blum tentu ada stoknya..

Tanggapan

  • Sayangi harddisk anda atau membeli penganti lebih mahal

    Ada rumor baru tentang dampak banjir di Thailand terhadap pabrik harddisk. Salah satu perusahaan komponen harddisk mengalami kerusakan parah.

    Nidec membuat motor pengerak piring harddisk, memiliki 2.000 mesin pembuat komponen harddisk. Kabarnya dalam keadaan rusak oleh banjir. Dari nara sumber yang didapat, Nidec saat ini sedang menyiapkan penganti untuk mesin mereka yang rusak. Mesin pembuat motor harddisk akan rusak dan tidak bisa di reparasi. Untuk membuat mesin sejenis dibutuhkan waktu.

    Gempa bumi bisa menghentikan sebuah pabrik berproduksi, tetapi bisa kembali bekerja setelah mesin diset ulang. Tetapi kerusakan mesin oleh banjir akan merusak mesin, diperlu dilakukan pengantian. Berita tersebut belum mendapat konfirmasi langsung dari pihak perusahaan Nidec. Nidec menyuplai hampir 75% komponen motor untuk produk harddisk di seluruh dunia.

    Dari 10 pabrik Nidec di Thailand, 8 rusak terkena banjir. Pabrik di Rangsit yang berhenti berproduksi pada 13 Oktober sudah kembali bekerja pada 25 Oktober. Sedangkan pabrik Ayutthaya sudah beroperasi normal sejak 4 November. Nidec saat ini berupaya memulihkan kapasitas produk dari China dan Filipina. Diharapkan dapat mencapai 100 juta komponen dalam kuartal 4 ini.

    Proporsi pabrik Nidec di Thailand, Filipina dan China
    Kapasitas lama Kapasitas sekarang
    Thailand 62% 43%
    China 15% 21%
    Filipina 23% 36%

    Pabrik di Filipina terus ditingkatkan dari kapasitas 15 juta unit menjadi 25 juta unit. Pabrik di China akan ditingkatkan dari 10 juta unit menjadi 15 juta unit. Tetapi kapasitas produksi tersebut tetap lebih rendah, 30% dibawah kapasitas normal yang mencapai 140 juta unit per kuartal.

    Dampak kenaikan harddisk membuat produk computer ikut naik, mencapai 4%. Untuk computer tipe high-end mungkin kenaikan harga tidak terlalu terasa. Seperti notebook high-end masih memiliki alternatif mengunakan SSD. Tetapi tipe low end yang hanya memiliki pilihan harga murah dengan harddisk akan memberatkan pembeli.

    Berita dari sini :
    http://obengware.com/news/index.php?id=8414
Sign In or Register to comment.