Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

review Pro Evolution Soccer 10

edited January 2011 in Share
Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya dan sharing dengan teman- teman saya yang penggila WE / PES series. Perlu dipahami bahwa PES 2010 memiliki karakteristik game play (cara bermain) yang berbeda dengan seri PES sebelum - sebelumnya, meskipun basicly semua tombol dan kegunaannya (hampir) sama. Dengan kata lain orang yang jago (master) main PES 2009, belum tentu dia "langsung" bisa bermain expert di PES 2010, sebelum dia benar- benar banyak bermain (meningkatkan experience) dan memahami bagaimana cara bermain di seri terbaru PES ini (PES2010).

Perbedaan yang paling mendasar dari PES 2009 dan PES 2010 adalah bahwa PES 2010 lebih berat (lambat atau kurang gesit) gerakannya dikarenakan pengebirian atau pengurangan fungsi R2 yang semula di PES 2009 tombol ini membuat "seorang pemain macam messi bahkan pemain yang dianggap biasa- biasa saja" dapat bergerak lincah dengan akurasi dribbling yang luar biasa. Tetapi di PES 2010, tombol R2 ini tidak seampuh seperti pada PES2009, pasalnya ketika kita menahan tombol (R2) ini pemain hanya sekali melambatkan langkahnya dan tidak membuat dribblingnya semakin akurat . Bisa diasumsikan bahwa game play PES 2009 (seri sebelumnya) lebih tricky.

Dari segi pergerakan pemain (saat mendribbling), PES 2010 lebih terarah dalam passing -passing nya , dalam artian pemain (yang membawa bola) bergerak dalam sebuah rotasi (bisa berputar secara akurat) 360 derajat, jadi umpan yang diberikan mampu diarahkan dengan tepat ke segala arah (ingat! bukan ke pemain lain) bahkan bola mampu di umpankan ke tempat kosong secara tepat (gunakan manual pass, dengan rightstick/ analog kanan), pokoknya lebih akurat dibandingkan PES 2009.
Mungkin diskirpsi ini agak membingungkan bagi pembaca awam.
Lebih jelasnya begini, dalam PES 2009, ketika pemain mendribbling bola secara lurus kemudian secara tiba -tiba tombol arah sebaliknya ditekan,maka pemain tersebut akan membalikan badan dengan cepat (dengan luwesnya) (dalam baris berbaris gerakan ini mirip gerakan "BALIK KANAN"), tetapi dalam PES 2010 berbeda, pemain tidak bisa langsung "balik kanan" tetapi ber-rotasi (berputar perlahan bukan berbalik).
Makanya di PES 2010 ketika kita mencoba meng-gocek dan mengecoh lawan dengan tombol arah (misal tekan tombol serong kanan ,serong kiri dikombinasikan dengan tombol R1 dan kombinasi R2) tidak bisa efektif karena pengurangan fungsi dari tombol ini dan juga pengurangan kemampuan melewati pemain lawan secara head to head.

Factor lain yang membuat (PES 2010) pemain sulit menerobos (menggocek) barikade lawan adalah pengurangan intelejensi pemain. Kemampuan agility (kelincahan= ketangkasan) dan response ketika kehilangan bola sangat rendah bahkan untuk pemain sekaliber CR9, bandingkan dengan PES 2009, kita bisa menabrakan diri ke defender lawan dan bola melewati sela -sela kaki atau disamping pemain lawan kemudian bola yang telah lepas bisa dikejar kembali oleh pemain yang semula mendribbling bola, tapi di PES 2010 ini sulit dilakukan (tidak efektif).

Factor lain yang sangat dominan membedakan adalah di PES2010 kita tidak bisa sembarangan menekan tombol X, karena sekarang ada fitur cancel X, yaitu bila kita menekan X dua kali secara cepat. Tidak seperti PES 2009 dulu, bisa tekan X dengan cepat secara dan sembarangan + arah lalu umpan terarahpun tercipta, sepertinya tiktak (umpan cepat) tidak bisa digunakan seperti pada PES 2009. Terlebih bila pemain yang mengumpan (dalam PES2010) tidak dalam posisi yang baik (ter-pressing) maka umpannya pun lemah dan tidak terarah.

Bisa disimpulkan, pola bermain di PES 2010 ini bersifat "straight" (lurus), pola diagonal dan acak pada PES 2009 sudah diubah oleh KONAMI sebagai pengembangnya, tapi konsep ini dimaksudkan dalam pola ketika satu pemain "sendirian" mencoba meporakporandakan
pertahanan lawan. Tapi hebatnya KONAMI memaksa user untuk lebih bermain sebagai tim (teamwork), karena tak ada cara lain untuk bisa bermain dalam level expert.
Jadi user dikatakan "Master" dalam PES 2010 ini adalah user yang bisa bermain taktis dalam meracik strategi dan mengaplikasikan secara baik dalam pertandingan dan bermain sebagai satu kesatuan yang solid, bisa membaca dan menganalisa situasi secara cepat mampu mengkoordinasi kondisi timnya (secara tactics ini lebih mendetail dibanding PES 2009), jadi jangan berharap bisa bermain secara individu layaknya di PES 2009.

Semoga ulasan diatas bisa sedikit-banyak menjawab pertanyaan mengapa PES 2010 lebih kaku atau berbagai keluhan mengapa game paly nya sulit dimainkan.
Jadi buang jauh- jauh anggapan bahwa dengan satu atau dua pemain bisa menghancurkan pertahanan musuh dengan mudah. Disini kita dituntut menjadi user yang lebih pintar (secara intelejensi melalui aplikasi tactics), lebih tepatnya PERANG STRATEGI".

Meskipun tidak se-"tricky" PES 2009, PES 2010 mempunyai kualitas yang lebih baik dalam mendekati kenyataan, sama seperti konsep yang selalu diusung PES selama ini "PRO EVOLUTION FOOTBALL", yaitu proses evolusi simulasi sepakbola yang terus mendekati (bergerak dinamis) realita.

Tanggapan

  • Thanks mr gamer PES :D
  • PES 2010 , level top player.. g cuma pake strategi lari di sayap , sedikit di luar kotak penalti. Ntar yang jaga akan menghalangi kita masuk ke kotak penalti, tapi membiarkan kita lari sampai garis Goal Kick tuh. Nah, klo dah hampir mentok (sampai garis Goal Kick), misal nya kita di sisi kanan , belok kanan dikit (ini penting, klo langsung balik arah trus lari lagi, kemungkinan besar bola nya dicolong. Dan inget, wakto belok kann dikit ini, jangan lari), trus mundur lagi menjauhi garis Goal Kick (lari sekali), trus pasing biasa (jangan umpan terobosan, jangan umpan lambung) ke tengah. Kemungkinan besar pemain teman yang dapet bola, penjaganya agak lemot klo ginian... Pake cara ini doank, kemungkinan besar menang (asal pinter jaga).

    Klo PES 2009 lebih parah lagi. G bisa dengan gampang bikin goal dari tengah lapangan. Klo pake level Top Player, kiper nya cenderung maju banget, pas diserang baru mundur. Klo ditembak dr tengah lapangan, dia ga sempet mundur..

Sign In or Register to comment.